CewekBanget.ID - Enggak bisa dipungkiri, pekerjaan online semakin banyak dicari di tahun 2023.
Karena industri online emang berkembang pesat banget! Apalagi sejak era pandemi Covid-19.
Berencana berkarier di industri online?
Penasaran pekerjaan online apa aja yang permintaannya tinggi untuk tahun 2023 ini?
Melansir Grey.co, berikut top 10 pekerjaan online dengan permintaan tinggi di 2023!
Baca Juga: 5 Tindakan Self Love yang Bisa Dilakukan saat Tahun Ajaran Baru #6eYourSelf
1. Data Analyst
Permintaan akan data analysts alias analis data terus meningkat.
Bisnis perlu memahami apa yang mereka lakukan dengan baik, apa pangsa pasar mereka, jumlah pelanggan yang mereka miliki, apakah pelanggan tersebut secara aktif membeli produk, dan masih banyak lagi.
Analis data bertanggung jawab untuk mengumpulkan, membersihkan, menganalisis data, dan menyajikan temuan ini dengan cara yang masuk akal bagi pemangku kepentingan bisnis.
Temuan ini juga membantu dalam membuat keputusan jangka pendek dan jangka panjang.
2. Software Developer
Karena semakin banyak bisnis yang beralih ke online atau membuat versi online, permintaan akan software developer terus meningkat.
Dari pengembangan web hingga aplikasi seluler, pengembang perangkat lunak bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak yang akan digunakan.
3. Digital Marketer
Para pemilik bisnis online, perlu mempromosikan bisnis/usahanya dan mendapatkan pelanggan yang sebenarnya.
Namun karena mengandalkan proses online, maka di sinilah peran digital marketer dibutuhkan.
Digital marketer bertanggung jawab untuk membuat dan melaksanakan kampanye pemasaran di berbagai saluran digital, seperti mesin telusur, media sosial, dan email.
Mereka juga menganalisis dan mengoptimalkan kampanye pemasaran ini untuk memastikannya seefektif mungkin.
4. Customer Support Representative
Orang perlu menangani pertanyaan atau tantangan pelanggan dengan menggunakan produk atau bisnis.
Meskipun ada banyak chatbot, profesi customer support representative yang dapat menangani pertanyaan online ini dan menyelesaikan masalah pelanggan diminati banget di tahun 2023.
Karena ini adalah peran yang dihadapi pelanggan, keterampilan kita harus disesuaikan untuk membangun hubungan antarpribadi.
Baca Juga: 5 Kesalahan yang Biasa Anak Baru Lakukan di Sekolah. Jangan Takut #6eYourself!
5. Graphic Designer
Semakin ke sini, profesi desainer grafis yang dapat membuat konten digital jadi makin menarik perlahan-lahan menjadi profesi dengan permintaan tinggi.
Ini karena graphic designer memiliki peran penting dalam mendesain situs web, grafik media sosial, hingga materi pemasaran.
Menjadi peran yang sangat kreatif, kita harus memperhatikan desain yang baik, pengalaman user dan pengetahuan tentang brand.
6. Content Creator
Content creator adalah individu yang membuat konten menarik dan informatif untuk berbagai platform online seperti blog, media sosial, dan situs berbagi video.
Tujuan utama setiap content creator adalah untuk mendorong kesadaran merek, lalu lintas, dan konversi.
Jadi untuk menjadi content creator yang efektif, kita memerlukan keterampilan komunikasi yang baik, rasa kreativitas yang kuat, dan pemahaman menyeluruh tentang digital marketing karena semuanya bekerja bahu-membahu.
7. SEO Specialist
Search Engine Optimization (SEO) adalah mengoptimalkan situs web dan konten online untuk mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).
Baca Juga: 5 Tips Jitu Hadapi Body Shaming dan Makin Cinta Diri Sendiri #6eYourSelf
SEO Specialist bertanggung jawab untuk menganalisis lalu lintas situs web, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan menerapkan strategi untuk meningkatkan peringkat mesin pencari untuk bisnis.
Dengan cara ini, ketika calon pelanggan mencari solusi untuk masalah mereka, bisnis kita langsung muncul.
Untuk menjadi spesialis SEO, seseorang harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pemasaran digital, pengembangan web, mesin telusur, dan cara kerja algoritma.
8. Virtual Event Planner
Sejak banyak peralihan ke pekerjaan online, virtual event menjadi lebih populer, dan permintaan akan virtual event planner juga meningkat.
Perencana acara virtual bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan acara online seperti webinar, konferensi, dan peluncuran produk.
Mereka bekerja dengan klien untuk menentukan tujuan acara, mengelola anggaran, dan berkoordinasi dengan vendor dan peserta.
Untuk menjadi perencana acara virtual, seseorang harus memiliki keterampilan organisasi yang kuat, keterampilan komunikasi yang baik, dan keakraban dengan berbagai platform acara online.
9. Pengajar Online
Baca Juga: Bersiap, 5 Jenis Pekerjaan Ini Paling Terancam Digantikan oleh AI!
Tenaga pengajar online dapat mengajarkan berbagai mata pelajaran, termasuk mata pelajaran akademik, keterampilan profesional, dan bahkan keterampilan kreatif.
Itu sebabnya mereka sekarang sangat diminati.
Sebagai guru atau pendidik online, kita dapat bekerja sebagai pekerja lepas atau dipekerjakan oleh platform pendidikan online mana pun.
Namun, untuk mengajar siapa pun, kita harus terlebih dahulu memiliki keahlian dalam setidaknya satu bidang studi, keterampilan komunikasi yang baik, dan pengalaman dengan platform pengajaran online.
10. Social Media Manager
Manajer media sosial bertanggung jawab untuk membuat dan menjalankan strategi media sosial, mengelola akun media sosial, dan menganalisis metrik media sosial untuk menentukan keberhasilan campaign.
Meskipun mereka mungkin tampak mirip dengan digital marketer, pengelola media sosial enggak hanya berfokus pada metrik.
Sebaliknya, mereka tertarik untuk membangun komunitas orang-orang yang menyukai bisnis ini.
Untuk menjadi manajer media sosial, seseorang harus memiliki pemahaman yang kuat tentang platform media sosial, keterampilan komunikasi yang baik, dan pengalaman dengan alat manajemen media sosial.
(*)
Baca Juga: 5 Mindset #6eYourself yang Harus Kita Punya di Tahun Ajaran Baru Ini!