Lakukan Sejak Remaja, Ini 5 Hal yang Bisa Memperlambat Penuaan Dini

By Marcella Oktania, Jumat, 28 Juli 2023 | 06:00 WIB
Ilustrasi remaja awet muda (Adobe Stock)

CewekBanget.ID - Mumpung masih remaja, penting untuk kita mempelajari dan melakukan kebiasaan yang bisa mempelambat penuaan dini.

Ini penting. Selain agar bisa hidup lebih panjang, kita juga bisa terhindar dari penyakit mematikan, dan awet muda.

Makanya kalau pengin memperlambat penuaan dini, harus dimulai sejak remaja dengan 5 hal ini.

1. Lebih banyak di luar ruangan

Kita ternyata lebih baik menghabiskan waktu di luar ruangan daripada terus-menerus di dalam ruangan, lho!

Kita bakal mendapatkan banyak vitamin D atau vitamin sinar matahari yang membantu menjaga tulang kuat dan melindungi terhadap beragam penyakit mematikan, seperti penyakit jantung dan kanker.

Studi menemukan kalau orang yang punya kadar vitamin D rendah mengalami kesulitan dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti naik tangga, berpakaian, dan bahkan memotong kuku jari kaki, alias jadi tua sebelum waktunya.

Enggak perlu lama, cukup mendapatkan sinar matahari kurang lebih 30 menit setiap harinya untuk produksi vitamin D dalam tubuh.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Walaupun penting untuk mendapatkan vitamin D di luar ruangan, tapi kita juga harus tahu kalau sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, keriput, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Makanya penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Caranya dengan penggunaan tabir surya setidaknya SPF 30, selalu mencari tempat yang teduh, dan menggunakan topi atau payung untuk melindungi tubuh kita dari sinar matahari.

Selain itu, disarankan juga untuk mencuci wajah dua kali sehari dan menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap awet muda.