Orang dengan Kecerdasan Emosional Enggak Melakukan 4 Hal Ini. Kamu?

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Kamis, 18 Januari 2024 | 08:39 WIB
Ilustrasi hal yang enggak dilakukan orang dengan kecerdasan emosional (via ED Times)

CewekBanget.ID - Apakah kamu termasuk orang yang cerdas secara emosional?

Jangan buru-buru self claim, girls! 

Kalau kamu memang jarang atau enggak pernah melakukan beberapa hal di bawah ini, nah, baru deh! Bisa jadi memang kamu orang yang dianugerahkan kecerdasan emosional!

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Punya Kecerdasan Emosional yang Rendah. Cek Yuk!

1. Kebiasaan mengritik Orang Lain

Mengkritik orang lain sering kali merupakan mekanisme pertahanan bawah sadar yang bertujuan mengurangi rasa enggak aman kita.

Terkadang kita semua kritis. Dan hal ini enggak selalu berarti buruk — berpikir secara hati-hati dan kritis tentang dunia di sekitar kita adalah keterampilan yang sangat penting. Ini membantu kita menavigasi dunia dan hubungan kita secara objektif.

Namun terlalu banyak kritik (terutama kebiasaan mengkritik orang lain) dapat mengakibatkan kebalikan dari objektivitas: kritik dapat membuat kita berpikiran sempit dan buta, terutama terhadap diri sendiri.

Salah satu alasan mengapa kita mudah sekali menjadi terbiasa mengkritik orang lain adalah karena hal itu membuat kita merasa senang.

Misal, saat kita mengatakan pada diri sendiri bahwa orang lain bodoh, kita juga menyiratkan bahwa kita pintar. Dan itu terasa menyenangkan.

Atau saat kita diam-diam tertawa pada diri sendiri tentang betapa buruknya selera fashion seseorang, kita sedang mengatakan pada diri sendiri betapa bagusnya selera kita. Dan itu terasa menyenangkan.

Kritik yang bermanfaat adalah tentang membuat dunia menjadi lebih baik. Kritik yang enggak membantu berarti membuat diri kita merasa lebih baik.