dr. Pras: 5 Cara Buka Puasa yang Tepat untuk Penderita Maag dan GERD

By Marcella Oktania, Selasa, 2 April 2024 | 07:00 WIB
ilustrasi buka puasa (ferlistockphoto)

CewekBanget.ID - Buat kita yang punya masalah maag dan GERD, puasa memang bisa bikin deg-degan dan sengsara.

Karena harus menahan hawa nafsu, kita harus menahan diri dari haus dan lapar, yang sayangnya bisa berpengaruh negatif buat kita yang punya masalah maag dan GERD.

Namun bukan berarti kita enggak bisa berpuasa dengan tenang, ya.

Karena dr. Agus Prasetyo yang sudah terkenal di TikTok dan media sosial lainnya memberikan saran dan tips berbuka puasa yang tepat untuk penderita maag dan GERD!

1. Makan pelan dan jangan berlebihan

Makan secukupnya ketika lagi sahur ataupun berbuka.

Ketika kita makan terlalu banyak, makanan malah bisa membuat kita merasakan rasa panas pada dada, karena produksi asam lambung yang meningkat.

Jadi lebih baik makan secukupnya, jangan terlalu banyak atau sedikit.

Lalu perhatikan kecepatan kita makan juga, karena kalau terlalu cepat, sistem pencernaan kita bakal sulit banget mencernannya dan juga malah menyebabkan masalah, nih.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa, Biar Tetap Segar dan Pede

2. Makan yang lunak, baru yang keras

Ada fakta menarik yang perlu kita tahu tentang berbuka puasa dari dr. Pras, yaitu kita disarankan untuk berbuka dengan makanan yang lunak dulu.

"Usahakan makan yang lunak dulu, baru yang (bertekstur) keras," jelas dr. Pras dalam acara #SerunyaBerbagi dari TikTok di Menteng, Jakarta Pusat.

Makanan lunak yang dimaksud seperti misalnya kurma, buah-buahan lain, atau jeli.

Ini penting supaya perut kita enggak "kaget" karena sudah berjam-jam lebih enggak diisi tiba-tiba harus bekerja sangat keras untuk mencerna makanan yang bertekstur keras.

3. Cukupi air pada tubuh

Enggak cuma pemilik masalah maag atau GERD aja, tapi pastikan kita tetap cukupi kebutuhan air pada tubuh ketika lagi puasa.

Namun khusus buat pemilik masalah maag dan GERD, mencukupi kebutuhan air pada tubuh bisa mengurangi peluang asam lambung naik ke tubuh, sehingga bisa kita lebih nyaman ketika lagi puasa.