Deputi Direktur Jenderal ILO Mengunjungi Indonesia untuk Isu Ketenagakerjaan

By Indah Permata Sari, Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:05 WIB
Deputi Direktur Jenderal ILO, Celeste Drake (foto : ILO Indonesia)

CewekBanget.ID - Ketenagakerjaan menjadi salah satu isu penting yang kalau kita ngomongin soal perekonomian nasional, girls.

Pasalnya, ketenagakerjaan sangat erat kaitannya dengan pembangunan serta keberhasilan bagi pelaku ekonomi baik secara individu maupun kelompok.

Di mana, ketika semua pelaku ekonomi tersebut sejahtera, maka satu negara bisa disebut sebagai negara yang maju.

Indonesia tentu juga sangat peduli dengan isu ini, sehingga berbagai kerja sama maupun kolaborasi dilakukan oleh berbagai pihak terkait termasuk pemerintah untuk bisa mengatasi masalah yang muncul dalam isu ini.

Termasuk juga Indonesia diketahui sudah menjalin kerja sama yang erat dengan ILO (International Labour Organization) sejak Indonesia menjadi anggota ILO pada 12 Juni 1950.

Kerja sama ini memberikan kemajuan yang baik di dalam ketenagakerjaan Indonesia hingga saat ini.

Bahkan, kunjungan resmi pertama Deputi Direktur Jenderal ILO, Celeste Drake, ke Indonesia, pada 18-21 Juni 2024, menjadi hal yang penting bagi Indonesia dan ILO.

Pasalnya, ini merupakan kunjungan resmi pertama Celeste ke Indonesia dan Asia sejak dia bertugas di Jenewa pada Agustus 2023.

Kegiatan Celeste di Indonesia

Melansir siaran press release dari ILO Indonesia, Celeste dijadwalkan melakukan dialog dengan para pelaku ketenagakerjaan utama Indonesia.

Para pelaku ini akan diwakilkan oleh konstituen tripartit ILO: Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Widjaja Kamdani, dan para pemimpin enam Konfederasi Serikat Pekerja.

Baca Juga: Pentingnya Perkuat Hak Perempuan Pekerja Migran dan Anak Indonesia