Enggak Nyangka! Ini 5 Hal Yang Bisa Bikin Kuota Internet Cepat Habis

By Natasha Erika, Jumat, 29 Desember 2017 | 13:30 WIB
foto: dramafever.com (Natasha Erika)

Kehabisan kuota layanan internet bisa menakutkan bagi sebagian orang. Ketika kuota internet habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun putus.

Kita enggak bisa mengirim pesan melalui WhatsApp, menelepon via LINE, atau mengecek timeline media sosial teman.

Tanpa koneksi data, hiburan digital pun enggak bisa dinikmati. YouTube, online game dengan multiplayer, dan streaming musik enggak bisa dilakukan. Smartphone seolah lumpuh total.

Beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket data unlimited untuk mengatasi masalah kuota ini, tetapi tentu saja memiliki keterbatasan.

Setelah batas wajar pemakaian paket unlimited tercapai, koneksi akan jadi sangat lambat.

Agar tidak terjebak masalah kuota internet, kita sebaiknya merencanakan pemakaian data pada smartphone. Misalnya dengan memperhatikan, seperti apakah gaya pemakaian yang sangat berpengaruh pada besaran konsumsi data.

Berikut ini 5 hal yang bisa bikin kuota internet kita cepat habis, seperti dilansir KompasTekno dari Cnet, Minggu (11/1/2015).

Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet. Namun, semua ini tergantung pada setting yang diterapkan pengguna dan berbagai faktor lain.

Rekaman video beresolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan jatah internet hingga 200 MB per menit.

Bayangkan bila setiap bulan kita mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit dan kuota internet Anda hanya 1 GB per bulan.