Tradisi Bulan Puasa di Berbagai Negara

By Astri Soeparyono, Selasa, 16 Juni 2015 | 17:00 WIB
Tradisi Bulan Puasa di Berbagai Negara (Astri Soeparyono)

Penasaran enggak sih, gimana para umat Muslim di berbagai belahan dunia lain menyambut dan menjalani bulan Ramadhan? Simak aja beberapa tradisi bulan puasa di berbagai negara ini, girls.

(Baca juga: Motif-Motif Lucu Gaya Hijab Buat Bulan Ramadhan)

Lain halnya dengan di Baghdad, Irak. Umat Muslim di sana akan menyambut datangnya bulan puasa dengan (pasar tertua di Irak).

Uniknya, pasar ini hanya ramai ketika datang bulan puasa. Waktu buka pasar hanya dari sore hari sampai menjelang malam. Banyak barang dagangan unik yang dapat dijumpai di pasar ini, di antaranya jajanan untuk menu buka puasa sampai perlengkapan pendukung ibadah lainnya.

(Baca juga: 10 Quotes Kece Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa)

Tradisi Bulan Puasa di Berbagai Negara

Menjelang bulan puasa, umat Muslim di negara ini biasanya menggelar kampanye mengumpulkan paket lebaran untuk keluarga miskin dan hadiah lebaran untuk anak-anak yatim piatu di Palestina. Kampanye ini dikordinir oleh organisasi kemanusiaan Palestina yang ada di Austria.

Kampanye yang diberi nama ini mendapat sambutan positif dari umat muslim Austria. Mereka berlomba-lomba mengeluarkan sebagian hartanya untuk saudara seiman mereka di Palestina. ?Untuk menyebarluaskan kampanye bantuan bagi warga Palestina ini, warga muslim Austria menggunakan berbagai cara, seperti penyebaran poster, pemasangan iklan dan jasa pos. Semua bantuan nantinya akan dikirimkan melalui lembaga-lembaga sosial yang beroperasi di wilayah Palestina.

(Baca juga: 5 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Ketika Sahur Ibadah Puasa)