7 Tips Mudah Menulis Fan Fiction

By Ifnur Hikmah, Selasa, 23 Januari 2018 | 04:15 WIB
Pengin menulis fanfiction? (Ifnur Hikmah)

Menulis fanfiction atau fiksi fans merupakan salah satu cara fangirling yang positif. Soalnya, fanfiction bisa melatih kemampuan kita dalam menulis cerita fiksi.

Terutama jika kita bercita-cita pengin menjadi penulis profesional, fanfiction bisa menjadi tempat latihan menulis hingga akhirnya kita bisa menciptakan karakter dan plot sendiri.

Berikut 7 tips mudah menulis fanfiction.

(Baca juga: Cara Jadi Fangirl Yang Produktif)

Kesalahan terbesar yang dilakukan penulis fanfiction adalah membuat karakter yang sangat sempurna. Saking sukanya sama seleb atau tokoh tertentu, kita menggambarkan sosoknya jadi teramat sempurna.

Enggak semua pembaca suka tokoh yang sempurna. Berikan sedikit kelemahan atau kekurangan pada tokoh tersebut.

Kita memang enggak mengenal seleb ini, tapi setidaknya kita bisa mencaritahu kira-kira di mana kita bisa menyelipkan kekurangan.

Hal ini membuat cerita terasa jadi lebih realistis dan menarik untuk diikuti.

Ada banyak cara untuk menggambarkan tokoh dalam fanfiction. Bisa berupa menggabungkan tokoh yang berasal dari cerita atau fandom atau grup yang sama, bisa juga dengan menggabungkan tokoh dari antar fandom atau antar grup.

Cara lainnya, membuat karakter baru yang dipasangkan dengan karakter utama. Karakter baru ini bisa berupa tokoh rekaan, tapi enggak jarang juga ada yang menjadikan dirinya sebagai karakter ini.