5 Kesalahan Diet Yang Sering Cewek Lakukan

By Astri Soeparyono, Kamis, 1 Oktober 2015 | 17:00 WIB
5 Kesalahan Diet Yang Sering Cewek Lakukan (Astri Soeparyono)

Berat badan susah bengt turunnya? Kita enggak sendirian. Menurut survei dari Marketdata Enterprises, rata-rata warga Amerika harus melakukan empat sampai lima jenis diet untuk mengurangi berat badannya. Ada beberapa faktor yang bisa menggagalkan diet kita. Dan inilah 5 kesalahan diet yang mungkin sering cewek lakukan sehingga berat badan kita gagal turun.

(Baca juga: 5 Tips Buat Mulai Diet Sehat)

Ketika ingin menurunkan berat badan, kualitas diet jauh lebih penting daripada jumlah kalori yang masuk. Studi di tahun 2012 yang dipublikasikan pada jurnal JAMA menemukan bahwa orang-orang yang menjalankan diet rendah karbohidrat dan glikemiknya rendah membakar lebih banyak kalori dibanding mereka yang melakukan diet rendah lemak.

"Makanan yang karbohidratnya tinggi memperlambat metabolisme tubuh dibandingkan makanan kaya lemak dan protein," kata David Ludwig, MD, Direktur New Balance Foundation Obesity Prevention Center, Boston Children's Hospital. Makanan dengan kadar glikemik tinggi seperti gula, roti dan kentang juga meningkatkan gula darah dan merangsang rasa lapar.

(Baca juga: Apa Sih Kalori?)

Mungkin kita pernah mendengar hal ini ribuan kali: porsi makan yang kecil namun tapi sering membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan kita. Namun, membagi 1.200 kalori perhari untuk enam kali porsi makan bisa membuat perut kita bunyi.

"Kita memerlukan protein, serat dan karbohidrat di setipa porsi makan kita agar kenyang. Dan sangat sulit mendapatkan itu semua hanya dengan 200 kalori," jelas Blatner. Pada beberapa kasus, orang-orang akhirnya makan berlebihan di porsi makan kecil mereka tadi. Sebaiknya makan tiga kali sehari dengan porsi makan biasa dibanding makan kecil sebanyak enam kali.

(Baca juga: Pola Makan Yang Berhubungan Dengan Emosi Kita)

Tips diet ini sempat popular setelah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi mac and cheese setiap hari dalam seminggu, memperoleh 100 kalori lebih rendh dibanding ketika ia mengonsumsi makanan lainnya.