Sahabat Baru Kulit: Antioxidant

By Astri Soeparyono, Minggu, 14 April 2013 | 16:00 WIB
Sahabat Baru Kulit: Antioxidant (Astri Soeparyono)

Lingkungan sekitar enggak selamanya memberikan efek positif buat badan. Sebut saja radikal bebas. Zat satu ini paling pintar mencuri elektron dalam tubuh sehingga bisa merusak sel dan DNA kita. Makanya, kalau radikal bebas yang antara lain berasal dari radiasi, polusi, dan asap rokok ini banyak diserap, enggak lama kita pasti jadi sakit. 

Errr... Nah, di sini, nih, gunanya kita kenalan sama si antioksidan. Soalnya, zat inilah yang bisa menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Kekebalan tubuh lebih terjaga, jarang sakit, plus satu bonus lagi, nih. Bikin kulit segar terus! Asyik, tambah cantik...

Salah satunya adalah blueberry yang kaya dengan proanthocyanidins. Ini adalah antioksidan yang berfungsi mencegah  kanker dan penyakit hati. Selain itu, ada juga stroberi dan blackberry yang mengandung ellagic acid dan berfungsi melawan zat karsinogenik. Soalnya, kalau dibiarkan, zat ini bisa menjadi pemicu munculnya kanker.

Tambahkan blueberry ke dalam salad buah atau celupkan stroberi segar ke dalam madu sebelum dimakan.

Di Indonesia, buah ini lebih dikenal dengan nama buah delima. Antioksidan yang ada di dalam pome antara lain tannin dan anthocyanin. Saking saktinya, antioksidan yang terkandung dalam pome melebihi antioksidan dalam teh hijau. Ck ck, makanya kalau sering makan pome dijamin bakal terhindar dari yang namanya kanker hati dan penyumbatan pembuluh darah.

pomegranate juice is the best way to enjoy pome.