Tingkatkan Kualitas Komunikasi Dengan Orangtua

By Marti, Kamis, 7 November 2013 | 16:00 WIB
Tingkatkan Kualitas Komunikasi Dengan Orangtua (Marti)

Keluarga adalah hal yang paling dekat dengan kita, terutama orangtua. Sayangnya, ketika tumbuh remaja, beberapa di antara kita jarang yang bisa ngobrol terbuka dengan orangtua. Adanya rasa canggung dan gap yang tinggi antara orangtua dan anak sering jadi alasan kenapa kita jadi kurang kompak.

Padahal, terbuka kepada orangtua itu penting banget, lho. Ada banyak informasi yang kita dapatkan setiap hari, dan belum tentu semuanya benar. Kita bisa bertanya kepada orangtua, terutama untuk hal penting dan cenderung sensitif seperti seks, Tapi karena enggak ada komunikasi yang erat dengan mereka, kita jadi urung bertanya. Akibatnya, kita lari ke teman atau mencari tahu sendiri. Sedihnya, ada yang mendapat informasi salah sehingga akhirnya salah langkah.

Enggak mau hal ini terjadi, kan, girls? Yuk, mulai luangkan lebih banyak waktu dan lebih terbuka kepada orangtua.

Mungkin orangtua juga punya kegelisahan yang sama dengan kita, yaitu gimana caranya mengajak kita untuk lebih terbuka dan mau diskusi bareng. Karena itu, sebaiknya kita terbuka duluan. Pilih saat yang pas, seperti ketika sedang santai sehabis makan malam, dan tanyakan apa yang selama ini membuat kita penasaran. Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, jadi mereka pasti akan menjawab dengan senang hati.

Kesibukan seringkali membuat kita jarang menghabiskan waktu dengan orangtua. Kenapa enggak jadwalkan family meeting? Misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Pastikan kehadiran seluruh keluarga ya, girls. biar lebih berkualitas, Sebaiknya pilih satu topik yang ingin dibahas.

Ketika pertemuan itu berlangsung, kemukakan pendapat kita dan fenomena di dunia remaja sehingga orangtua mengerti apa yang kita hadapi di luar sana. Jadi, mereka bisa memilih nasihat yang tepat untuk kita.

Salah satu gap yang membatasi orangtua dan anak adalah perbedaan lingkungan pergaulan dan pandangan. Karena itu, sesekali ajak orangtua untuk hangout bareng. Kenalkan orangtua terhadap apa yang sedang hype saat ini, seperti tempat nongkrong baru, isu-isu yang sering dibahas, atau sekadar gosip seleb. Ajak juga mereka ke tempat kita biasa nongkrong. Tentunya, kenalkan mereka sama teman-teman juga, girls.