Main Permainan Tradisional, Yuk!

By , Sabtu, 12 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Main Permainan Tradisional, Yuk! (cewekbanget)

Sebelum munculnya permainan digital dalam gadget , ada permainan 'kuno' yang  enggak kalah seru, dan justru punya manfaat jauuuh lebih banyak. Cari tahu yuk!

2 orang.

papan congklak dan kerang kecil/biji/batu.

melatih strategi, ketelitian, dan kejujuran.

Papan congklak terdiri dari enam sampai sembilan pasang lubang kecil yang saling berhadapan plus dua lubang besar di ujung kiri dan kanan. Setiap lubang yang berhadapan diisi masing-masing  tujuh biji congklak. Lubang besar di sebelah kiri adalah tempat penyimpanan kita, dan di sebelah kanan adalah tempat penyimpanan lawan. Kita tinggal memindahkan biji-biji tersebut berkeliling, kecuali lubang besar lawan. Pemenang dilihat dari jumlah biji yang ada di tempat penyimpanan setelah semua lubang kecil kosong.

2 kelompok, masing-masing terdiri dari 3 - 5 orang.

tempat yang cukup luas.

melatih ketangkasan, kekompakan, strategi, kecepatan, dan kecerdikan.

Permainan ini terdiri dari dua grup. Setiap grup punya beberapa penjaga yang bertugas menghadang lawan supaya enggak bisa melewati wilayah yang dijaga. Para penjaga terdiri dari penjaga garis horizontal (biasanya dua sampai tiga orang) dan penjaga garis vertikal (biasanya satu orang). Untuk meraih kemenangan setiap anggota grup harus melewati 'wilayah' lawan secara bolak-balik.