Trik Memaksimalkan Fungsi Otak

By , Minggu, 19 Mei 2013 | 16:00 WIB
Trik Memaksimalkan Fungsi Otak (cewekbanget)

Belajar bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan otak kita, lho! Hal-hal ringan yang biasa kita lakukan sehari-hari ternyata juga punya manfaat besar buat otak.

Ayo biasakan jalan kaki, apalagi kalau jarak yang kita tempuh enggak terlalu jauh. Selain bikin badan lebih sehat, jalan kaki juga bisa membangun dan menjaga hubungan antara sirkuit-sirkuit otak. Hasilnya, kita bisa awet muda dan tetap cekatan.

Tidur minimal tujuh jam bukan cuma baik buat kesehatan dan kecantikan, tapi juga buat otak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur cukup bisa membantu proses perbaikan sel-sel otak, sekaligus membantu kita dalam proses belajar. Lebih cepat dan mudah menyerap materi baru, deh.

Saat belajar bahasa asing, kita harus menghafal kosakata baru. Karena inilah, otak akan bekerja lebih baik, sehingga bisa mempertajam memori kita saat belajar, terutama dalam pelajaran hafalan.

Siapa sangka, berdasarkan penelitian, mengunyah permen karet selama lima menit sebelum ujian bisa membuat siswa menyelesaikan ujian lebih cepat. Soalnya, mengunyah permen karet memacu kinerja otak dan meningkatkan proses berpikir dalam pembentukan memori.

 

Memang, deh, kegiatan sederhana satu ini selalu memberi hasil positif. Saat tertawa, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa menurunkan tingkat stres. Efek lanjutnya, beberapa bagian otak yang berfungsi meningkatkan kreativitas dan mempercepat proses penyerapan materi pelajaran menjadi aktif.