Selamat Tinggal Badmood

By , Senin, 18 Februari 2013 | 16:00 WIB
Selamat Tinggal Badmood (cewekbanget)

Yang namanya badmood memang suka datang enggak terduga. Sebelum merusak hari-hari kita, cari tahu apa penyebab dan cara menghalau si badmood. Menurut Psikolog Rena Latifa, M.Psi, mood adalah suasana hati yang menggambarkan perasaan seseorang pada situasi atau kondisi tertentu, seperti perasaan senang atau sedih.

Mood bisa muncul tanpa alasan atau sebab yang jelas, tapi yang pasti efeknya mampu mempengaruhi orang lain. Badmood sendiri adalah bagian dari mood yang menggambarkan suasana hati negatif, seperti marah, kecewa, atau sedih.

hormon

Sebagai cewek, hormon itu berpengaruh terhadap perasaan kita. Apalagi kalau lagi PMS, hormon endorfin, hormon yang memunculkan rasa senang, mengalami penurunan. Kita pun jadi sensitif dan gampang bete.

lingkungan

Suasana lingkungan yang enggak menyenangkan berpotensi bikin jadi badmood. Misalnya, dimarahi guru di depan kelas karena lupa mengerjakan tugas, kehilangan barang favorit, berantem sama pacar, atau tugas sekolah yang menumpuk.

kurang tidur atau kelelahan

Saat kita bangun di keesokan harinya, tubuh merasa belum siap karena waktu tidur yang kurang. Kita jadi lemas, kemampuan otak pun menurun, dan memicu munculnya perasaan negatif.

Jadi enggak produktif. Badmood bikin kita malas melakukan aktivitas, maunya cuma melamun seharian di tempat tidur. Hi-hi-hi