5 Aktivitas Yang Tanpa Disadari Membahayakan Vagina

By Muti Siahaan, Kamis, 22 Februari 2018 | 09:15 WIB
(tumblr) (Muti Siahaan)

Vagina adalah satu satu bagian tubuh yang sangat sensitif dan rawan. Jadi kita harus memberikan perhatian ekstra juga.

Sayangnya ada beberapa aktivitas sehari-sehari yang tanpa kita sadari sering membahayakan vagina. Ini dia 5 aktivitas yang tanpa disadari membahayakan vagina kita.

(Baca juga: cairan keluar dari puting payudara tapi bukan air susu. Normalkah?)

Duduk dalam jangka waktu yang lain enggak hanya menyebabkan sakit punggung tapi juga berisiko menyebabkan infeksi bakteri pada vagina kita. Ketika kita duduk dalam satu posisi, daerah genital kita menjadi panas karena aliran udara berkurang dan tingkat kelembapan pun meningkat di sini.

Gesekan, panas dan kelembapan di daerah genital membuat vagina kita jadi rawan kena bakteri. Sebaiknya ketika kita niat duduk lama, ganti posisi duduk sesering mungkin.

Dan beri jeda waktu untuk berdiri atau berjalan-jalan sebentar baru kita duduk lagi.

Udara yang panas membuat kita sering berkeringat termasuk di daerah vagina. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang panas. Ketika sedang menstruasi, sering kejadian kita malas ganti pembalut.

Padahal penting banget untuk menjaga daerah vagina kita tetap kering dan enggak lembap. Sebaiknya kita mengganti pembalut setiap empat jam sekali. Bahkan kalau lagi deras, lebih sering lagi.

Hindari juga penggunaan pembalut yang mengandung pewangi karena ini berpotensi mengandung zat kimia yang berbahaya untuk vagina kita.

(Baca juga: yang perlu diketahui dari perubahan labia. Normalkah?)