8 Hal Mengerikan yang Terjadi Pada Tubuh Kalau Kita Makan Berlebihan

By Aisha Ria Ginanti, Rabu, 28 Februari 2018 | 15:00 WIB
(Aisha Ria Ginanti)

Kalau ada makanan enak apalagi yang kita suka rasanya susah ya, girls untuk berhenti makan. Kadang juga tanpa sadar sehari-hari kita makan banyak dan berlebihan karena hanya sekedar pengin atau lapar mata saja.

Padahal kebiasaan seperti ini bisa membawa efek yang buruk bagi tubuh dan kesehatan kita, lho. Ini dia 8 hal mengerikan yang terjadi pada tubuh kalau kita makan berlebihan.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Bikin Perut Gampang Lapar Lagi

Perut jadi melar

Perut kita itu elastis banget,lho. Pada umumnya, rata-rata perut orang dewasa berkapasitas sekitar 1 liter, tapi kalau kita makan berlebihan, ukurannya bisa melar hingga 4 kali lipatnya.

Karena elastis, awalnya perut akan kembali ke ukuran semula, tapi lama kelamaan, kalau terus dibiasakan, perut kita bisa melar permanen.

Dalam jaringan di perut, ada sebuah jalan kecil untuk mengingatkan otak bahwa kita sudah kenyang. Kira-kira prosesnya sampai diterima otak adalah 20 menit. Tapi kalau kita makan berlebihan, bafian ini akan mengalami malfungsi.

Akibatnya otak kita jadi sulit menentukan kapan kita kenyang sehingga kita terus menerus ingin makan dan cepat lapar.

Makanan yang rasanya gurih memang enak banget, girls. Tapi ternyata makanan seperti ini berbahaya, lho efeknya untuk otak. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti ini bisa mengaktifkan respon neuroadaptif di dalam otak dan responnya mirip-mirip kayak kecanduan.

Makanya kadang kita enggak bisa berhenti kalau makan makanan yang gurih karena otak kita sendiri sudah membaca sinyalnya sebagai candu. Sebaiknya untuk menyeimbangkan hal ini kita harus mengkonsumsi sayuran hijau dan protein supaya tetap bugar.

Saat kita mengkonsumsi makanan secara banyak dan berlebih, otomatis energi yang masuk ke tubuh kita juga lebih daripada yang dibutuhkan, kecuali memang kita punya aktivitas berat atau berolahraga setelahnya.