6 Mitos Kesehatan yang Berhubungan Sama Cuaca Dingin Saat Musim Hujan Ini Ternyata Cuma Hoax

By Averina Lita, Jumat, 16 Maret 2018 | 11:20 WIB
6 Mitos Kesehatan yang Berhubungan Sama Cuaca Dingin Saat Musim Hujan Ini Ternyata Cuma Hoax. Foto: kjtamusings.wordpress.com (Averina Lita)

Hujan yang sering turun belakangan ini bikin kita jadi gampang kedingingan, meski enggak berada di ruangan ber-AC sekalipun. Mungkin ini juga yang bikin kita jadi gampang pilek.

Tapi apa iya, cuaca dingin jadi penyebab tubuh kita rentan terserang flu? Supaya enggak makin salah paham, lebih baik kita cari tahu apa 6 mitos yang berhubungan sama cuaca dingin saat musim hujan ini beneran atau ternyata cuma .

Cuaca dingin saat musim hujan seringkali dituduh jadi penyebab kita gampang masuk angin. Padahal sebenarnya yang menyebabkan flu bukan cuaca dingin, melainkan virus atau bakteri.

Penyakit ini lebih banyak diderita orang-orang saat musim hujan karena virus flu cepat berkembang pada suhu yang lebih rendah.

Kalau hidung kita kedinginan, pembuluh darah jadi mengerut dan menghambat respon kekebalan tubuh, memungkinkan virus berkembang biak dalam tubuh.

Jadi selama daya tahan tubuh kita kuat melawan berbagai virus dan bakteri, kita akan sehat-sehat aja meski berada di cuaca dingin dalam waktu lama.

(Baca juga: 

Membiarkan atau terutama keluar rumah dalam keadaan rambut basah sehabis keramas seringkali dianggap sebagai penyebab flu. Ternyata ketakutan ini belum bisa dipastikan sama dokter maupun peneliti.

Dokter Hugh Coyne dari Doctify malah menjelaskan kalau kita enggak akan masuk angin cuma karena pergi keluar rumah tanpa mengeringkan rambut.