Penting! 4 Hal yang Sebaiknya Enggak Langsung Kita Lakukan Setelah Makan

By Averina Lita, Jumat, 24 Maret 2017 | 11:02 WIB
Penting! 4 Hal yang Sebaiknya Enggak Langsung Kita Lakukan Setelah Makan. Foto: collegecandy.com (Averina Lita)

Supaya enggak terlambat ke sekolah atau kampus, kebanyakan dari kita berusaha menghemat waktu di pagi hari dengan sarapan dulu baru mandi. Atau ada juga dari kita yang terbiasa minum teh sambil makan. Ternyata hal yang kita anggap biasa aja ini, bisa membawa efek buruk ke tubuh kalau enggak segera dihentikan, lho! Berikut 4 hal yang sebaiknya enggak langsung kita lakukan setelah makan dan penting untuk mulai dilakukan sejak sekarang.

Baca juga:

Saat mandi, temperatur tubuh kita mengalami peningkatan. Untuk mengimbanginya, tubuh pun mengirimkan darah lebih banyak ke bagian kulit dibanding biasanya. Hal ini yang tanpa kita sadari bisa mengganggu proses pencernaan dan membuat metabolisme kita jadi lebih lambat. Mulai sekarang, yuk biasakan untuk minimal mandi 30 menit setelah makan ya, girls.

Penting nih, buat kita yang suka minum teh sambil makan. Ternyata penelitian menunjukkan kalau kebiasaan ini bisa mengganggu peleburan zat besi, mineral yang memegang peranan penting dalam tubuh kita. Makanya kita—terutama yang kekurangan zat besi—harus menghindari minum teh minimal satu jam setelah makan. Sebaliknya, buat yang suka kopi, kita justru enggak boleh mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Minimal harus minum segelas air putih dulu.

Baca juga:

Mungkin selama ini kita cenderung menghindari makan sebelum tidur karena takut berat badan naik. Tapi di luar itu, ternyata ada kerugian lain yang dialami tubuh kalau kita sering langsung tidur setelah makan. Tidur dalam keadaan perut penuh bisa menyebabkan kita merasa enggak nyaman, contohnya kayak perut mulas, sendawa, dan asam lambung yang meningkat, serta terbukti bisa meningkatkan risiko terkena struk. Kita boleh tidur minimal dua jam setelah makan.

Mungkin kita sering tergoda untuk makan dulu supaya lebih punya banyak tenaga untuk olahraga. Tapi ternyata para ahli justru enggak menyarankannya. Makan sebelum olahraga bisa bikin tubuh enggak nyaman karena cegukan, rasa mual, dan efek serius lain kayak meningkatkan risiko cedera. Ada baiknya kita jalan kaki santai dulu setelah makan, baru kemudian bisa olahraga setelah minimal 2 jam.

Baca juga: