Kalau Kita Lebih Suka Menghabiskan Waktu Sendirian, Memang Salah Ya?

By Intan Aprilia, Selasa, 4 April 2017 | 08:50 WIB
foto: koreaboo.com (Intan Aprilia)

Pernah enggak pergi ke bioskop sendirian dan menerima tatapan heran dari penjaga tiketnya sambil dia bertanya, "Nonton sendirian aja Kak?" Bagi kita yang lebih memilih beraktivitas seorang diri, hal itu bukanlah pengalaman yang baru, sebab kita sering banget dipandang aneh sama orang-orang yang melihat kita jalan atau hang out sendirian. Kalau kita lebih suka menghabiskan waktu sendiri, memang salah ya? 
 
Baca juga: Mulai Sekarang, Enggak Usah Takut atau Ragu Untuk Pergi Nonton atau Makan Sendirian
 
 
Kita merasa nyaman dan lebih bahagia ketika melakukan kegiatan sendirian dibanding bersama orang lain. Karena jika sendirian, kita bisa bebas melakukan hal-hal yang kita inginkan tanpa harus memikirkan teman yang kadang punya kemauan berbeda. 
 
"Sendirian tuh simpel dan enggak ribet. Apalagi kalau habis berinteraksi dan bersosialisasi sama banyak orang seharian. Setelah itu biasanya aku merasa lelah banget dan enggak mau diganggu." (Vicky, 19) 
 
"Aku nih introvert, jadi ketemu sama orang lain dan ngobrol dengan orang yang enggak dekat tuh bikin capek. Nguras tenaga banget deh, mending sendirian." (Resi, 20) 
 
Enggak hanya itu, di kehidupan yang serba cepat ini, kita juga butuh waktu menyendiri untuk me-recharge kembali energi yang sudah terkuras seharian. Menurut psychologytoday.com, waktu menyendiri tuh memiliki banyak manfaat, diantaranya:
 
1. Menenangkan dan membebaskan pikiran dari stres yang telah menumpuk. 
2. Dengan menyendiri, kita bisa lebih konsentrasi dan meningkatkan produktivitas. 
3. Saat sendirian, kita pastinya punya banyak waktu untuk menemukan jati diri kita yang sebenarnya. 
4. Karena enggak terdapat gangguan orang lain di sekitar kita, kita dapat menyelesaikan masalah dengan lebih efektif dengan pikiran yang jernih. 
5. Ketika pikiran bersih dari beban, kita bisa mengeksplor ide-ide kreatif yang selama ini tertunda.
 
Sendirian enggak berarti kita kesepian dan selalu sedih. Kita juga bisa bersenang-senang walaupun sendirian kok! Apalagi waktu sendirian memberikan kita momen untuk berpikir dengan lebih jernih dan membuat diri lebih rileks. Hal yang biasanya membuat kita enggak nyaman adalah memikirkan perkataan orang lain yang menanggap kita kesepian. Sebaiknya, enggak usah memedulikan pendapat dan pikiran orang lain sebab hanya kita yang mengetahui apa yang bikin kita bahagia. Kalau kita bahagia beraktivitas sendirian, kenapa enggak? 
 
Baca juga: Penting! Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kita Mengalami Pelecehan Seksual di Jalan atau Tempat Umum
Baca juga: Ada Masanya Kita Akan Kehilangan Teman, dan Itu Bukan Masalah Besar