10 Quotes tentang Memaafkan Diri Sendiri yang Akan Membuat Kita Berdamai dengan Masa Lalu

By Natalia Simanjuntak, Kamis, 8 Maret 2018 | 08:29 WIB
10 Quotes tentang Memaafkan Diri Sendiri yang Akan Membuat Kita Berdamai dengan Masa Lalu (Natalia Simanjuntak)

Berdamai dengan masa lalu emang bukan perkara mudah. Apalagi kalau kita punya pengalaman pahit yang susah banget untuk dilupain. Mungkin saat itu kita yang menjadi korban. Atau justru kita merasa melakukan kesalahan besar, sehingga sampai sekarang kita masih benci sama diri kita sendiri.

Yuk, simak 10 quotes tentang memaafkan diri sendiri yang akan membuat kita berdamai dengan masa lalu.

Baca juga: Ilustrasi tentang Kebahagiaan yang Bikin Kita Makin Bijaksana

Segala sesuatu pada akhirnya akan membaik. Tubuh, hati, dan pikiran kita, semuanya akan membaik. Pada akhirnya kebahagiaanmu akan kembali. Karena masa-masa buruk tidak bertahan lama. Kita mungkin sekarang lagi ngerasa down banget. Hati, pikiran, dan tubuh kita lagi dalam kondisi yang enggak enak.

Tapi jangan terus-terusan sedih. Inget aja kalau masalah yang kita hadapi ini akan berlalu juga nantinya.

Masa lalu kita boleh buruk, tapi itu enggak berarti kita enggak pantes dicintai, girls. Think positive about ourselves dan percaya kalau kita bisa jadi lebih baik setiap harinya.

Kalau sekarang kita masih belum bisa move on dari bayang-bayang masa lalu yang suram, kita mesti cepet-cepet sadar kalau hal-hal terbaik dalam hidup kita masih dalam perjalanan. Jadi terus berjuang, berusaha, dan jangan patah semangat.

Baca juga:  Hal Sederhana yang Bisa Bikin Cowok Bahagia

Percaya deh, suatu saat kita akan bisa bahagia lagi kok. Kita akan bisa menemukan diri kita yang seutuhnya. Dan ketika kita sudah bisa bangkit dari rasa sakit yang kita alami, akhirnya kita bisa mengerti hati kita dengan lebih baik. Dan akhirnya kita bisa menjadi utuh lagi.

Kedewasaan kita ditentukan dari bagaimana kita memutuskan untuk pergi dari setiap orang dan situasi yang bisa mengancam kedamaian pikiran, harga diri, prinsip, nilai, dan kepercayaan diri kita.

Kalau kita lagi ngadepin banyak banget masalah, bahkan sampai hari ini, kita harus bisa yakinin diri kita sendiri kalau kita akan bertahan. Dan hal-hal yang baik akan datang lagi dalam hidup kita. Dan suatu hari kita akan bisa melihat ke belakang dan memandang semua masalah ini bukan sebagai hal yang buruk.

Kadang, karena satu kesalahan, kita jadi susah banget buat maafin diri kita sendiri. Kita ngerasa benci banget sama diri kita. Padahal, di saat kita bisa menerima diri kita seutuhnya, saat itulah kita baru bener-bener bisa bertumbuh.

Enggak ada perubahan yang instant. Jadi, jangan menyerah. Sebab hal-hal yang baik memang membutuhkan waktu.

Kita bisa aja mengalami banyak kegagalan. But, it’s okay. Asal kita enggak fokus pada kegagalan itu. Inget kalau kegagalan akan menjadi sebuah peningkatan kalau kita memutuskan untuk belajar dari sana.

Di Jepang, benda-benda yang rusak sering diperbaiki dengan emas. Sehingga ketidaksempurnaan yang nampak bisa terlihat sebagai sesuatu yang unik dengan sejarah yang semakin menambah keindahannya.

Jadi, kalau kita lagi ngerasa jatuh dan hancur, percaya deh kalau “kerusakkan” yang kita alami itu akan diganti dengan hal yang jauh lebih baik. Semangat, girls!