Kanker Serviks & Kanker Payudara, 2 Jenis Kanker yang Paling Banyak Menyerang Cewek. Ini Faktanya!

By Ifnur Hikmah, Rabu, 25 April 2018 | 01:30 WIB
foto: oyibosonline.com (Ifnur Hikmah)

Kanker serviks jadi salah satu penyakit kanker yang jadi pembunuh nomor satu bagi perempuan, bersamaan dengan kanker payudara. Yup, dua jenis penyakit kanker ini memang menjadi ancaman paling menakutkan bagi perempuan.

Soalnya, dari tahun ke tahun, jumlah penderita kanker payudara dan kanker serviks terus meningkat. Menurut data dari Cancer Mortality Profile yang dirilis oleh WHO tahun 2014, angka kematian yang disebabkan oleh kanker di Indonesia mencapai 195.300 orang, dengan pembagian 103.100 orang laki-laki dan 92.200 perempuan.

Kanker paru-paru (21.8%), liver (12.3%), Colorectum (10.2%), prostat (8.9%), mulut (7.5%) dan lainnya (39.3%)

kanker payudara (21.4%), serviks (10.3%), paru-paru (9.1%), colorectum (8.5%), Rahim (7.6%), lainnya (43.1%)

(Baca juga: jenis-jenis kanker yang paling banyak menyerang system reproduksi cewek)

Jenis kanker yang paling banyak mengancam perempuan adalah kanker serviks. Setiap tahunnya, setidaknya ada 15.000 kasus kanker serviks, atau setiap harinya ada 40 perempuan yang didiagnosa menderita kanker serviks, dan 20 orang di antaranya meninggal dunia.

Tentu saja ini bukan jumlah yang sedikit, seperti yang disebutkan oleh Prof. DR. dr Aru Wicaksoni, ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Karena itu, WHO menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia.

Lalu, gimana cara mencegah agar enggak terkena kanker payudara? Menurut dr. Judi Januadi Endjun, SpOG, “pencegahan pertama yang harus dilakukan adalah vaksinasi dengan vaksin HPV.

Penting juga untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan dengan siapa kita bergaul, serta enggak melakukan hubungan seksual saat masih remaja atau berganti-ganti pasangan.”

Kanker Payudara Jadi Penyebab Kematian Tertinggi Kedua