Hati-hati! Ini 5 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Reproduksi Perempuan!

By Natalia Simanjuntak, Sabtu, 15 April 2017 | 08:00 WIB
foto: awhiskeyriff.com (Natalia Simanjuntak)

Sebagai cewek, kita wajib banget untuk menjaga kesehatan organ reproduksi . Apalagi zaman sekarang, lingkungan kita semakin banyak terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Kalau enggak hati-hati, suatu saat kita bisa nyesel sendiri lho. Enggak mau dong kalau sampai nyesel di akhir? Makanya, mulai sekarang kita harus aware sama hal-hal yang bisa membahayakan tubuh kita. Ini 5 makanan yang berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan!

Baca juga:

11 Makanan Korea Paling Ekstrim

3 Makanan yang Harus Dihindari Kalau Mau Umur Panjang

Menurut Philip Landrigan, M.D., seorang profesor dengan spesialisasi pedriatik, mengatakan bahwa banyak sekali merkuri yang terdapat dalam tubuh ikan todak. Besarnya jumlah merkuri tersebut dapat memperbesar risiko infertilitas atau ketidaksuburan dan membuat seorang perempuan susah untuk hamil. Bukan hanya membahayakan organ reproduksi perempuan lho, girls, tetapi kandungan merkuri di dalam ikan laut ini juga berpotensi untuk merusak perkembangan calon janin dan bahkan mengakibatkan serangan jantung bagi orang dewasa. Ih, seram ya!

Anyway, yang harus kita waspadai bukan cuma ikan todak ya, tapi juga beberapa jenis ikan dengan kandungan merkuri tinggi dalam tubuhnya, yaitu hiu (yes, stop eating shark and think that it’s cool!), ikan makarel raja, ikan tuna bigeye, dan ikan tuna sirip kuning.

Wait, enggak perlu cemas dulu, girls! Kalau kopi yang kita minum cuma sebanyak 200mL sehari, itu masih dalam batas aman kok. Yang berbahaya itu kalau kita minum kopi dalam dosis yang berlebihan. Kenapa? Soalnya kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan dehidrasi, menyerap zat besi, dan bila terkandung dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan, bisa meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur juga!

Yes, enggak semua buah dan sayur itu bagus. Robert Kenner, pendiri dari Food Inc. dan FixFood.org telah melihat sendiri kalau banyak banget buah dan sayur yang disemprot pakai pestisida dengan berlebihan. Emang apa sih bahayanya pestisida terhadap organ reproduksi perempuan? Pestisida dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon lho, girls.

Salah satu upaya pencegahan minimal yang bisa kita lakukan adalah dengan mencuci bersih buah dan sayur sebelum mengonsumsinya. Tapi itu pun enggak bisa betul-betul meluruhkan semua kandungan pestisida, apalagi yang sudah meresap ke dalam buah dan sayur.