Cerita Cewek Indonesia Pembuat Casing Handphone dari Cangkang Kepiting. Keren!

By Putri Saraswati, Sabtu, 3 Maret 2018 | 12:30 WIB
dok.pribadi (Putri Saraswati)

Sadar enggak, sih, kalau handphone itu bisa jadi tempat bersemayamnya banyak kuman? Hal ini bisa disebabkan karena handphone jarang dibersihkan.

Padahal tangan kita, sebagai media penyalur bakteri, sering banget menyentuh dan menggunakan gawai ini.

Pelindung yang dijual di pasaran pun hanya sebatas menjaga handphone agar tahan lama dan enggak mudah rusak.

Berangkat dari permasalahan itu, empat mahasiswa dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya, yaitu Siti Amallah, Khalid Amjad, Wahyu Widia Ningrum, dan Romi Dwi Nanda, mengembangkan produk phonecase dan pelindung keyboard BICRASIA (Bio Crustacea Silicone Anti-Bacteria).

Uniknya, mereka menggunakan bahan-bahan alami yang sering dianggap sebagai limbah sisa makanan oleh masyarakat, yakni cangkang kepiting, kulit udang, dan bonggol jagung.

Yuk, simak cerita cewek Indonesia pembuat casing handphone dari cangkang kepiting pada Cewekbanget.id berikut ini!

Awalnya yang tergabung dalam proyek ini hanya Siti Amallah dan Khalid Amjad. Keduanya berniat mengikuti seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017 yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi.

“Tergabungnya empat orang dalam satu tim ini enggak sengaja.

Pertama kami ajak Widia untuk gabung karena anaknya rajin, cepat tanggap, dan kemampuan public speaking-nya bagus. Terus kami mikir untuk mencari satu anggota lagi.

Nah, suatu hari ketika mau konsultasi ke ruang dosen, enggak sengaja ketemu dengan Romi. Saat itu juga dia gabung dan tim BICRASIA terbentuk”,  tutur Mala, sapaan akrab Siti Amallah.

Widia (21), yang merupakan adik satu angkatan Mala (22), mengungkapkan kalau dia memang sudah ada niat untuk ikut PKM.