Pit Bull Menggigit Anak Kecil Hingga Tewas. Ini 7 Alasan Anjing Bisa Menyerang Manusia

By Indra Pramesti, Selasa, 8 Agustus 2017 | 13:54 WIB
7 Alasan Kenapa Hewan Peliharaan Bisa Menyerang Kita (Indra Pramesti)

Kasus Ramizya Bazighah (8) yang meninggal akibat gigitan anjing pit bull memang mengejutkan. Anjing dikenal memiliki tubuh yang kuat dan bisa menggigit. Yang perlu diketahui adalah, ada banyak faktor yang menyebabkan anjng bisa menggigit kita.

Bukan hanya anjing, hewan peliharaan lain pun bisa berubah tingkah laku dan karakternya dengan treatment yang salah. Nah, ini dia alasan kenapa hewan peliharaan bisa menyerang kita.

(Baca juga di sini: Makhluk Mitologi yang Menggambarkan Kepribadian Kita, Berdasarkan Zodiak )

Kebiasaan pemilik yang sering menghukum hewan peliharaan dengan memukul dapat menyebabkan hewan tersebut terkejut dan kesakitan. Kebiasaan yang terus berkelanjutan tersebut dapat mengakibatkan timbulnya sikap agresif pada hewan peliharaan.

Merawat kesehatan hewan peliharaan termasuk salah satu hal yang harus diutamakan bagi pemilik. Jika hewan peliharaan mengidap penyakit yang serius seperti rabies, tanpa sepengetahuan pemilik, maka besar kemungkinan hewan peliharaan akan menyerang.

Ada pula kemungkinan tumor yang bisa mempengaruhi kerja syaraf hewan peliharaan yang berpengaruh juga terhadap tingkah lakunya. Bahkan penyakit seperti sakit gigi juga bisa menyebabkan hewan peliharaan menyerang kita.

Mengasingkan hewan peliharaan jauh dari keluarganya mengakibatkan faktor psikologi yang buruk pada mereka. Peliharaan menjadi lebih pendiam dan self-defensive pada si pemilik.

Mungkin maksudnya hanya bercanda, tapi menggoda hewan peliharaan atau sering mempermainkannya dapat membuat hewan peliharaan jadi makin agresif. Mereka akan frustrasi dan kebingungan sehingga dampak paling buruknya adalah hewan peliharaan bisa menyerang kita.