Kenali Jenis-jenis Kampus di Indonesia Beserta Seleksi Masuknya

By Indra Pramesti, Jumat, 23 Februari 2018 | 12:55 WIB
Kenali Jenis-jenis Kampus di Indonesia Beserta Seleksi Masuknya (Indra Pramesti)

Usai lulus dari SMA, pasti enggak sedikit dari kita yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Enggak menutup kemungkinan saking banyaknya informasi, kita malah jadi bingung sendiri, seperti bagaimana membedakan PTN, PTK, dan Universitas Swasta beserta ujian masuk yang disyaratkan.

Nah, biar enggak bingung, yuk simak penjelasan tentang jenis-jenis kampus di Indonesia beserta ujian masuknya.

(Baca juga di sini: Aktif Pramuka Sejak SD, Cewek Ini Kini Jadi Wakil Ketua Dewan Kerja Nasional )

Umumnya, kita pasti udah mengenal jenis perguruan tinggi ini. Nama-nama kampus yang termasuk ke dalam PTN juga udah sering banget kita dengar, seperti UGM, UI, ITB, dan lain-lain.

Banyak yang kurang tahu dengan jenis perguruan tinggi ini, meski begitu PTK ternyata juga termasuk dalam PTN, hanya saja, kampus PTK berada di bawah lembaga setingkat kementerian.

Contoh-contoh PTK yang sering kita dengar adalah PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), Poltekkes (Politeknik Kesehatan), Akademi Pimpinan Perusahaan, dan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Yang perlu kita ketahui dari PTK dan sering salah kaprah adalah, tidak semua kampus kedinasan menggratiskan biaya perkuliahannya. Untuk itu, kita perlu mencari informasi sendiri di kampus yang dimaksud.

Selain itu, tidak semua kampus kedinasan memberi ikatan dinas. Contoh kampus yang memberi ikatan dinas adalah PKN STAN, AKPOL, dan AKMIL.

Untuk tahu lebih lanjut tentang daftar kampus yang termasuk dalam PTK, kita bisa lihat di sini.