12 Perbedaan Kehidupan di Korea Utara & Korea Selatan yang Akan Bikin Kita Kaget

By Indah Permata Sari, Sabtu, 17 Februari 2018 | 13:50 WIB
12 Perubahan Mencolok di Korea Utara dan Korea Selatan Setelah Pemisahan Selama 70 Tahun (Indah Permata Sari)

Korea Utara dan Korea Selatan yang dulunya adalah kesatuan, memutuskan untuk berpisah dan terhitung sudah 70 tahun hingga saat ini. Dilansir dari laman brightside.me, ada perbedaan mencolok dari kehidupan orang Korea Utara dan Korea Selatan. Inilah 12 perbedaan kehidupan di Korea Utara dan Korea Selatan yang akan bikin kita kaget.

Dilihat dari atas, kedua ibu kota negara Korea ini termasuk kota megalopolis yang besar. Gedung tinggi di Pyongyang hampir sama tingginya dengan blok-blok apartemen di Seoul atau Busan.

Dua kota menampilkan panorama yang sama pada sungai Han, dan pemandangan dari seberang tepi sungai juga hampir mirip. Walaupun angka bunuh diri di Korea Selatan cukup tinggi, dan lompat dari jembatan adalah bukanlah yang biasa. Alasan tingginya angka bunuh diri ini disebut karena tingginya kompetisi antar pribadi di Korea Selatan.

(Baca juga: )

Inilah suasana kawasan bisnis di kedua ibukota.

Inilah pemandangan area penduduknya. Menarik bahwa di Korea Utara, masyarakat tidak membayar biaya perumahan dan biaya servis lainnya, di mana apartemen diberikan kepada mereka secara gratis setelah mereka melakukan registrasi pernikahan. Di sisi lain, biaya sebuah apartemen kecil di Korea Selatan mencapai $ 180,000 atau sekitar 3 milyar rupiah.

Di Korea Utara, bagi cewek enggak boleh menggunakan celana dan hanya beberapa jenis potongan rambut yang diperbolehkan. Baju-baju yang fashionable bisa dibeli saat ada international supermarkets (untuk orang kaya) atau penjual dari China. Tentu saja, dibandingkan dengan Korea Selatan, yang menjadi salah satu negara paling stylish dalam hal berpakaian di dunia. Perkembangan fashion selama 50 tahun terlihat terpisah dari negara ini.