Sering Merasa Di-PHP-in Gebetan? Mungkin Itu Cuma Ada di Pikiran Kita Aja

By Indra Pramesti, Sabtu, 3 Februari 2018 | 13:18 WIB
Mungkin perasaan di-PHP-in cuma ada di pikiran kita aja! (Indra Pramesti)

Ketika gebetan yang kita incar enggak memberikan kepastian padahal kita sudah merasa dekat dan lebih dari sekadar teman, kita langsung menggunakan istilah PHP untuk melabeli cowok tersbeut. Tapi sebenarnya, apa benar gebetan kita yag memberikan harapan palsu? Atau jangan-jangan kita saja yang terlalu berharap?

(Baca juga: 10 Ide Kreatif untuk Nge-Date Bareng Gebetan atau Pacar dari Film Hollywood)

Menurut psiolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo, kemungkinan kita untuk bisa berharap terlalu banyak itu ada banget lho. “Umumnya hal ini bisa terjadi karena ada sinyal-sinyal yang kita tangkap, yang kita persepsikan sebagai sinyal hijau bahwa gebetan juga merasakan hal yang sama. Persepsi ini bisa saja salah.”

Sinyal yang salah tangkap, berharap terlalu banyak, sampai terlalu asik dengan asumsi sendiri yang terlalu diyakini tanpa pembuktian inilah yang bisa mengakibatkan kita merasa di-PHP-in oleh gebetan kita.

Ternyata kita bisa banget mengontrol harapan itu lho girls. Selain enggak menarik kesimpulan sendiri yang bisa menyebabkan kita berpersepsi yang tidak sesuai realita, ternyata ada cara lain yang terbukti ampuh buat mengendalikan harapan tersebut.

Yaitu dengan berkomunikasi dengan si gebetan dan enggak sungkan untuk membicarakan langsung dengan gebetan tentang perasaan kita ke dia. Pastikan apakah dia juga memiliki perasaan yang sama dengan kita atau enggak.

Memang, terkadang cara ini sering bikin kita dicap jadi cewek agresif, tapi daripada kita terlanjur berharap terlalu banyak namun ternyata perasaan dia enggak sama dengan kita, bisa-bisa rasa sakit yang kita rasakan lebih dari yang seharusnya.

(Baca juga: 8 Penilaian Anak Muda Jaman Sekarang yang Keliru. Wajib Tahu!)

Ternyata ada dampak negatif buat kita sendiri kalau enggak bisa mengontrol harapan tersebut. Apalagi kalau kenyataannya yang kita harapkan enggak sesuai dengan harapan yang kita punya.