4 Alasan Pengalaman Lebih Berharga dari Gelar Sarjana. Kamu Setuju?

By Debora Gracia, Sabtu, 24 Februari 2018 | 11:30 WIB
Nyatakan pendapatmu, girls! (Debora Gracia)

Tingkatan pendidikan masih jadi salah satu syarat untuk mencari pekerjaan. Berbagai penelitian menunjukkan kebanyakan perusahaan masih mengharapkan pelamar kerja mempunyai gelar sarjana, walaupun itu enggak membawa perbedaan signifikan dari mereka.

Enggak usah bingung, ini 4 alasan kenapa pengalaman lebih berharga dari gelar sarjana. Kamu setuju?

Menurut The Independent, ditemukan bahwa 58% perusahaan memberikan pengalaman kerja sebagai kualifikasi paling populer dan 48% lainnya memberikan pengalaman kerja sebagai faktor kedua terpopuler.

Biro statistik tenaga kerja Amerika Serikat memperkirakan hanya 33% pekerjaan di AS yang membutuhkan gelar sarjana, sehingga fokusnya jadi lebih kepada pengalaman dari pelamar itu sendiri.

(Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Smartphone untuk Belajar Bahasa Asing!)

Penelitian pada 500 perusahaan yang diadakan oleh University of Hertfordshire menemukan hampir separuh dari responden yang disurvei merasa “menyukai” pengalaman kerja yang relevan, etika kerja yang baik dan subjek yang relevan saat mempekerjakan lulusan.

Hanya 1 dari 4 perusahaan yang tertarik pada gelar sarjana, bahkan dengan presentase yang lebih kecil mengenai reputasi universitas.

Menurut penelitian, perusahaan memberikan 10 hal yang dijadikan konsiderasi saat memperkerjakan karyawan: