Cewek Wajib Tahu! Pemahaman Salah Soal Body Positivity yang Enggak Perlu Dipercaya

By Indra Pramesti, Selasa, 13 Februari 2018 | 06:30 WIB
Yuk kenali makna body positivity yang sebenarnya! (Indra Pramesti)

Saat mendengar kata-kata body positivity, apa sih yang ada dalam pikiran kalian? Badan bagus karena diet dan workout? Mengunggah foto oatmeal atau smoothies kita di akun media sosial sambil memberi #bodypositive?

Bukannya mencibir mereka yang memang melakukannya untuk alasan kesehatan, tapi kenyataannya, body positivity sering disalahartikan, lho, girls.

Yuk kenali mitos yang salah soal body positivity yang enggak perlu dipercaya dan kenali seperti apa body positivity yang sebenarnya.

(Baca juga: 5 Tipe Pasangan Saat Berpacaran. Kamu Termasuk yang Mana?)

Seenggaknya, tema inilah yang diangkat dalam buku Louise Thompson berjudul Body Positivity. Di dalam buku tersebut Louise menyertakan banyak tips dan trik tentang workout, diet, dan tips self care lainnya.

Sayangnya, banyak yang enggak setuju dengan isi buku Louise ini, lho. Mereka beranggapan kalau Louise menyalahartikan konsep dari body positivity.

Kenyataannya, body positivity memang lebih dari sekadar self care, seperti resep diet dan workout habis-habisan untuk membentuk tubuh yang langsing sempurna.

Body positivity adalah tentang mengapresiasi diri kita sendiri (self-appreciation) dan bagaimana kita merayakan keberagaman bentuk tubuh setiap orang dan diri kita.

Berkebalikan dengan apa yang sering ditampilkan dalam televisi, media massa, atau pun internet dan media sosial lainnya.

(Baca juga: Menurut Gaya Pacaran, Ini Urutan Tipe Pasangan dari yang Paling Kuat Sampai Lemah)