8 Hal Istimewa Tentang Vagina yang Enggak Kita Duga. Wajib Tahu!

By Debora Gracia, Selasa, 2 Januari 2018 | 13:07 WIB
Vagina memiliki hal-hal enggak terduga, lho! (Debora Gracia)

Organ intim yang kita miliki ini memiliki banyak keistimewaan. Bukan hanya proses melahirkan normal melalui vagina, tapi ada banyak hal yang bisa kita kulik tentang vagina. Ini 8 hal istimewa tentang vagina yang enggak kita duga. Wajib tahu!

Klitoris bisa membesar dan lebih tegak, seperti halnya proses ereksi pada penis cowok. Hal tersebut terjadi saat kita terangsang karena darah yang mengalir ke area genital jadi lebih banyak.

Klitoris yang terdapat pada vagina itu punya 8.000 saraf. Artinya, jumlah ini hampir dua kali lipat dari jumlah saraf yang dimiliki penis.

Menurut US Department of Health and Human Services, pemakaian douche untuk membersihkan bagian dalam vagina enggak dianjurkan karena douche ditemukan dapat menyebabkan infeksi, iritasi, dan mengubah pH seimbang vagina kita. Dan lagi, vagina memang bisa membersihkan dirinya sendiri.

Vagina bisa berubah warna menjadi lebih gelap seiring dengan pertambahan umur. Sudah tahu belum?

(Baca juga: 9 Jenis Cairan yang Bisa Keluar dari Vagina Kita)

Menurut Dr. Debby Herbenick dari School of Public Health-Bloomington Indiana University, saat terangsang ukuran vagina bisa menebal hampir dua kali dari ukuran normal. Selain itu, otot-otot juga bisa mengencang.