5 Cara Mengurangi Stres Yang Ampuh Bikin Kita Jadi Lebih Santai

By Indra Pramesti, Selasa, 16 Januari 2018 | 13:30 WIB
Ini dia caranya biar enggak stres berkepanjangan! (Indra Pramesti)

Jangan biarkan yang namanya stres menghancurkan mood kita setiap harinya. Enggak hanya berbahaya buat kesehatan mental, stres yang berlebihan juga bisa ngerugiin orang-orang di sekitar kita, lho.

Yuk, mulai sekarang kita berusaha mengendalikan stres yang kita miliki. Ini dia 5 cara mengurangi stres yang ampuh bikin kita jadi lebih santai.

(Baca juga: 5 Cara Membedakan Gebetan Serius dan Gebetan Yang Cuma Manfaatin Kita)

Setiap orang pasti memiliki dialog buat dirinya sendiri di dalam pikiran mereka. Misalnya saat kita melakukan kesalahan, dalam pikiran pasti kita mengomentari sesuatu, seperti kita enggak seharusnya melakannya atau kita menyesal telah melakukannya.

Nah, dari situ, ubah percakapan pada diri sendiri dengan self-talk yang elbih positif. Mulai sekarang katakan kepada diri sendiri kalau kita laya buat dicintai dan mendapatkan perhatian.

Salah satu tanda kita menderita stres adalah jantung kita sering berdegup kencang ketika kita sedang khawatir atau gugup. Akibatnya, kita jadi kesulitan buat bernapas dengan baik.

Kalau kita mengalami hal-hal tersebut, segera berhenti dan berisitirahatlah. Caranya dengan menarik napas dalam-dalam, jalan-jalan, atau hanya duduk dan bersantai. Ada juga yang memilih buat berdoa. Carilah cara menenangkan diri yang paling cocok buat kita sendiri.

Apa yang kita makanan akan memengaruhi mood yang kita miliki. Kalau kita terlalu banyak mengonsumsi gula, karbohidrat dan kaffein, mulailah untuk menggantinya dengan protein.

Lemak sehat bisa kita dapatkan dari buah alpukat dan kacang almond. Selain menghindarkan diri dari rasa lapar dan pusing, makanan ini juga bikin kita bisa lebih fokus saat berkonsentrasi.

Selau sempatkan waktu buat mendengarkan musik saat bersantai. Cara ini bikin kita bisa melepaskan pikiran kita dari tugas-tugas di sekolah. Kalau perlu, kita enggak usah menjawab chat atau telepon dari teman di saat-saat santai ini.

Banyak orang yang meremehkanmanfaat tidur buat kesehatan mereka. Padahal, kalau kita enggak cukup tidur, kita akan menjadi lebih mudah lupa dan semakin sering stres.

Pastikan mematikan semua alat penerangan dan gadget kita selama tidur supaya kita bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Mulai lah dari step-step paling mudah dan lakukan perubahan dalam gaya hidup kita biar bisa mengurangi stres yang kita miliki.

(Baca juga: Cobain 5 Jenis Teh Ini Kalau Pengin Menurunkan Berat Badan)