Embel-Embel ‘Cantik’ Dalam Judul Tulisan yang Sebenarnya Merendahkan Perempuan

By Indra Pramesti, Minggu, 4 Maret 2018 | 13:40 WIB
Ada banyak hal yang menarik dalam diri cewek selain penampilan fisik! (Indra Pramesti)

Buat kita yang akrab dengan gadget pasti sering banget mendapatkan informasi dari teknologi canggih ini. Yang enggak pernah terlewatkan adalah berita-berita dari artikel online yang secara mudah bisa kita dapatkan setiap harinya.

Tapi sekalipun dihadapkan dengan teknologi yang memudahkan, kadang kita enggak serta merta langsung meng-klik artikel tersebut. Hanya judul-judul yang menarik perhatian dan kontroversial yang sering menarik banyak klik dari kita.

Ibaratnya seperti pintu, judul adalah hal pertama yang kita lihat. Dari ‘pintu’ itu juga, kita kerap penasaran dan menebak-nebak isi di dalamnya. Enggak heran, para penulis artikel semakin berlomba-lomba untuk menulis artikel dengan judul bombastis dan kontroversial supaya menarik pembaca ke situs mereka.

Tema tentang cewek adalah salah satu tema yang enggak ada habisnya buat dibahas, sehingga selalu muncul artikel menarik tentang cewek untuk dikulik.

Sayangnya, dalam proses menarik hati para pembaca, trik demi trik pun sering dilakukan, seperti misalnya, “cewek cantik” “wanita cantik” “perempuan cantik” “pasien cantik” “SPG cantik” “aktris cantik” dan lain sebagainya dengan embel-embel ‘cantik’.

Memang ada juga artikel online yang menggunakan embel-embel ‘ganteng’ untuk menarik perhatian pembaca. Tapi enggak sesering kata ‘cantik’.

Coba perhatikan judul-judul artikel yang redaksi temukan berikut.

Sekalipun perempuan yang dijelaskan dalam artikelnya berprestasi, embel-embel ‘cantik’ itu tetap ditambahkan, seakan-akan sebagai pelengkap. Memangnya cewek harus cantik dulu supaya prestasi kita diakui?

Mirisnya lagi, ketika si perempuan dalam artikel adalah korban dari tindakan kejahatan atau pun menjadi tersangka, kata ‘cantik’ tetap saja ditambahkan. Apakah cewek harus cantik dulu supaya bisa ditulis di media?

Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang lebih sering mendapatkan komentar tentang bentuk fisiknya. Ambil saja contoh yang paling mudah, ketika kita bertemu dengan teman lama, pasti sering banget kita mendengar komentar seperti “kok gendutan?” “kok kurusan?” “tambah putih aja nih” dan lain sebagainya.

Di redaksi cewekbanget.id pun kita sering mendapat curhatan dari remaja-remaja cewek yang merasa kurang pede dengan penampilan fisik mereka, seperti berhidung pesek, berkulit hitam, bermata sipit, dll.