7 Cara Menghadapi Pacar yang Suka Menyalahkan Kita

By Indra Pramesti, Sabtu, 3 Februari 2018 | 04:57 WIB
Ini dia cara menghadapi pacar yang selalu menyalahkan kita! (Indra Pramesti)

Padahal pacaran, tapi kita yang selalu disudutkan dan menjadi pihak yang salah atas semua konflik yang terjadi di hubungan kita dan dia.

Punya pacar yang suka nyalahin kita memang selalu bikin nyesek. Kalau kamu adalah salah satunya yang berada di keadaan ini, ini dia 7 cara kita mneghadapi pacar yang suka menyalahkan kita!

(Baca juga: 5 Relationship Goals yang Salah di Drama Korea, Kamu Setuju?)

Cowok yang suka menyalahkan kita, enggak akan bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan. Bahkan dia enggak akan mengatakan maaf kepada kita. Ini karena orang yang suka menyalahkan orang lain enggak akan pernah mengaku salah.

Meskipun kita berusaha untuk mengubahnya, dia enggak akan mendengarkan karena dia menganggap dirinya sempurna. Bahkan ketika kita protes, dia bisa memutarbalikkan fakta dan malah balik mengkritik perbuatan kita.

Kepercayaan diri kita bisa langsung turun drastis karena perkataannya yang terus menerus menghakimi kita. Makanya, kita perlu menjaga rasa percaya diri kita.

Kalau pacar mulai nyalahin kita, ingat-ingatlah bahwa kita punya banyak kelebihan lain. Kalau perlu, kita bisa menulis daftar kelebihan kita di buku jurnal atau Notes di handphone, supaya kita bisa mengingatkan diri kita sendiri dengan mudah.

Ingatlah, bahwa seseorang yang suka nyalahin orang lain adalah orang yang enggak dewasa. Sekalipun kita mendebatnya dengan menggunakan logika, tetap enggak akan mempan buat melawannya.

Jadi kalau dia sudah mulai kumat nyalahin kita, kita cukup bersikap tenang dan meninggalkan dia setelah dia selesai berbicara.