Selamat Ulang Tahun Universitas Indonesia! Yuk Lihat Sejarah UI dari Tahun 1849 Hingga Sekarang!

By Indah Permata Sari, Jumat, 2 Februari 2018 | 11:48 WIB
Selamat Ulang Tahun Universitas Indonesia! Yuk Lihat Sejarah UI dari Tahun 1849 Hingga Sekarang! (Indah Permata Sari)

Selamat Ulang Tahun Universitas Indonesia! Yuk Lihat Sejarah UI dari Tahun 1849 Hingga Sekarang!

Girls, hari ini adalah ulang tahun Universitas Indonesia lho! Buat kamu yang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) atau calon mahasiswa UI sudah tahu sejarah kampus ternama ini belum hingga akhirnya sekarang bisa jadi kampus terbaik di Indonesia?

Dilansir dari laman ui.ac.id, ini dia sejarah Unibersitas Indonesia dari tahun 1849 hingga sekarang!

Dulu di tahun 1849 ketika masih zaman Kolonial Belanda, pemerintah membangun sebuah sekolah tinggi bidang ilmu kesehatan. Dua tahun kemudian, di tahun 1851 sekolah tinggi tersebut resmi dibukan dan memiliki nama Dokter-Djawa School.

Sekolah ini tentunya khusus pada ilmu kedokteran, lebih spesifiknya adalah pendidikan tenaga mantra. Lalu di akhir abad ke-19 tepatnya tahun 1898, sekolah ini memiliki perubahan nama yaitu menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau biasa disebut STOVIA.

STOVIA ini adalah tempat pendidikan terbaik untuk calon dokter di Indonesia selama 75 tahun karena di tahun 1927 sekolah ini ditutup. Namun sekolah tinggi lainnya dibangun juga di beberapa kota di pulau Jawa.

Sekolah tinggi tersebut berjumlah empat, yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng (Fakultas Teknik) yang berdiri di Bandung pada 1920, Recht Hoogeschool (Fakultas Hukum) di Batavia pada 1924, Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte (Fakultas Sastra dan Kemanusiaan) di Batavia pada 1940, dan setahun kemudian dibangunlah Faculteit van Landbouwweteschap (Fakultas Pertanian) di Bogor.

Nah, lima sekolah tinggi ini (termasuk STOVIA) menjadi pilar dalam menciptakan the Nood-universiteit (Universitas Darurat), yang dibangun pada tahun 1946!

(Baca juga :)

Nood-universiteit ini berganti nama menjadi Universiteit van Indonesië pada tahun 1947 dan berpusat di Jakarta.