Cari Tahu 8 Alasan Mengapa Diet Kita Selalu Berakhir Gagal!

By Shafina Rahmanida, Kamis, 8 Februari 2018 | 07:30 WIB
Ini dia yang terjadi dalam tubuh dan otak kita ketika menurunkan berat badan! (Shafina Rahmanida)

Faktanya, enggak sedikit dari kita pasti pernah mengaku diet yang dijalani selalu berakhir gagal. Hal ini mungkin sering kita alami padahal kita merasa sudah melakukan langkah-langkah yang benar. Ini 8 alasan penyebab mengapa diet kita selalu gagal berikut ini!

(Baca juga: 6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet atau Olahraga Keras)

1. Tidak mengonsumsi kalori yang cukup

Jika kita mengurangi kalori ketika diet tapi tidak cukup mengonsumsi vitamin, protein, dan serat sesuai kebutuhan, diet kita mungkin tidak akan berhasil. Dibandingkan harus membatasi pemasukan kalori, sebaiknya kita fokus meningkatkan kualitas nutrisi pola makan agar dapat memperoleh tubuh dan berat badan yang sehat.

2. Melewatkan makan

Agar dapat menurunkan berat badan, sebagian dari kita mungkin memutuskan untuk melewatkan makanan yang ternyata malah tidak efektif dan tidak seimbang bagi tubuh kita. Coba untuk mengikuti sinyal tubuh kita dengan makan ketika lapar dan berhenti sebelum merasa kekenyangan.

3. Tidak makan dengan sungguh-sungguh

Selain memperhatikan apa yang kita makan, kunci diet adalah mengubah bagaimana cara kita makan. Cara makan yang baik adalah dengan sungguh-sungguh, yaitu memperhatikan apapun yang masuk ke dalam mulut kita. Makanlah dengan suapan yang kecil dan perlahan dan hindari makan sambil sekaligus dengan kegiatan lain, seperti sambil menonton film atau mengerjakan tugas.

(Baca juga: Lagi Diet? Coba 5 Makanan Hasil Fermentasi Untuk Turunkan Berat Badan!)

4. Tidak membuat perencanaan

Ketika kita melakukan diet tanpa perencanaan, hal ini tidak dapat menghindari kita dari kegagalan-kegagalan yang biasa ditemui saat diet. Misalnya, kita dapat selalu mempersiapkan beberapa snack sehat untuk kita konsumsi agar terhindar dari godaan membeli makanan cepat saji.

5. Kurang minum air putih