Kasus Penipuan Online Shop Pembelian CD Kpop yang Menghebohkan Indonesia, Hati-Hati Girls!

By Indah Permata Sari, Senin, 12 Februari 2018 | 05:22 WIB
2 Kasus Penipuan Online Shop Pembelian CD Kpop yang menghebohkan Indonesia, Hati-hati Girls! (Indah Permata Sari)

Sekarang ini, kita sudah sangat dimudahkan dalam melakukan transaksi untuk pembelian barang apa pun \. Termasuk, barang yang diimpor dari luar negri.

Namun semakin mudahnya kita melakukan transaksi pembayaran, semakin mudah juga bagi orang-orang yang enggak bertanggung jawab untuk mengambil kesempatan dari hal ini.

Ada banyak kasus penipuan dari online shop lho girls, salah satunya adalah pembelian CD Kpop. Seperti yang kita ketahui, untuk memberli CD Kpop biasanya dibeli dari Korea langsung karena untuk di Indonesia sendiri sudah sulit toko ditemukan toko kaset.

Karena kita enggak punya akses langsung, makanya biasanya kita menggunakan jasa dari online shop. Jadi mereka yang mengurusi segala keperluannya, dan kita hanya tinggal transfer uang saja.

Tentu ini memudahkan, dan juga biasanya mereka mengadakan PO (Pre Order) sehingga barang yang kita beli bisa kita dapatkan lebih cepat.

(Baca juga :)

Tapi ternyata ada banyak kasus penipuannya nih girls, dan kita harus lebih waspada akan hal ini, ini dia 2 kasus penipuan online shop pembelian CD Kpop yang menghebohkan Indonesia, hati-hati girls!

Pada 11 Februari kemarin, warga Twitter dihebohkan dengan kasus penipuan online shop yang dilakukan oleh akun bernama @hwangable.

Dilanisr dari akun @korbanhwangable, krnologisnya adalah ketika sudah ada banyak banget korban dari yang ikutan PO untuk beli album dari akun ini, namun hingga kini barangnya enggak pernah sampai.

Sebenarnya sebelum ini biasanya barang yang dibeli oleh pelanggan akan sampai, namun barang yang dikirim sering lebih lama dari waktu yang pemilik akun ini janjikan sehingga banyak complain yang masuk ke akun ini.

Cara komunikasi yang dilakukan pada pemilik ini juga beragam, ada yang dari Twitter dan ada juga yang dari grup Line.

Untuk kasus yang terakhir ini, banyak pelanggan yang enggak menerima barang PO mereka hingga akhirnya kasus ini pun semakin menarik perhatian orang banyak.

(Baca juga : )

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, penggemar NU’EST W mengalami penipuan dari distributor bernama thenupath.id.

Kisah ini bermula ketika Tiny, fans dari NU’EST W asal Bandung, menginisiasi pembelian album mini terbaru W,HERE di distributor thenupath.id.

Tiny sudah mentransfer uang sejumlah Rp 27 juta untuk pembelian album sejumlah 123 buah dan karena digabung dengan pesanan penggemar lain maka total pengiriman uangnya adalah Rp 46 juta.

Namun album yang dijanjikan enggak kunjung juga dikirim dan setelah diselidiki ternyata dia ditipu oleh orang yang enggak bertanggung jawab. Dia pun melaporkan kasus ini ke pihak berwajib dan ternyata info ini terdengar oleh fanbase NU’EST yang ada di Korea.

"Dua hari setelah saya mengunggah klarifikasi di Twitter, seorang K-Love menghubungi salah satu anggota kami dan mengatakan dia bakal mengiri 300 album W,HERE secara gratis," kata Tiny.

Sebanyak 300 album yang dikirim dari Korea itu sudah sampai di Bandung. Bahkan, album itu dilengkapi juga dengan foto, poster dan stiker khusus lho.

Girls, kita memang harus selalu waspada untuk hal-hal yang berkaitan dengan dunia maya. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya kita enggak kena tipu oleh online shop atau orang yang enggak bertanggung jawab.

Testimoni pelanggan memang bisa dipalsukan, karena itu kita harus teliti banget melihat testimoninya. Kita perhatikan sudah ada berapa banyak orang yang membeli di online shop tersebut.

Sebaiknya kita juga rajin tanya ke teman-teman yang juga Kpopers dan bisa kita percaya, rekomendasi online shop apa yang dia sarankan untuk kita. Karena ketika dia sudah pernah beli dan review-nya bagus, maka kita bisa percaya girls.

Pastikan nama pemilik akun rekening sama dengan nama pemilik akun online shop. Karena kalau namanya berbeda, kita bisa curiga kalau dia sengaja menggunakan nama orang lain.

Jangan lupa untuk selalu screenshot isi chat kita atau transaksi yang kita lakukan pada online shop tersebut. Hal ini bisa jadi bukti jika nanti suatu ketika ada masalah yang terjadi.

Supaya kita selalu memastikan kalau memang barang yang kita pesan lagi diproses, enggak masalah kok untuk bawel sedikit girls. Tapi tentunya kita juga ada batasnya untuk bawel ya.

Jadi misalnya kalau dia menjanjikan akan ada perkembangan untuk 3 hari ke depan, maka tepat 3 hari itu kita tanyakan lagi ke dia jangan nunggu sampai satu minggu baru kita tanyakan.

Kalau kita belum yakin, maka kita bisa coba beli dalam jumlah kecil dulu. Misalnya selain jual album Kpop, dia jual marchendise dengan harga yang terjangkau, kita bisa coba beli barang itu dulu.

Kalau pelayanannya udah oke, baru deh kita bisa coba beli dalam jumlah besar.

(Baca juga : )