8 Makanan Ini Mengandung Kolagen Sehingga Bisa Bikin Kulit dan Rambut Berkilau!

By Shafina Rahmanida, Kamis, 15 Maret 2018 | 08:12 WIB
. (Shafina Rahmanida)

Sebagian dari kita tentu seringkali mendengar adanya kandungan kolagen dalam beberapa produk kecantikan. Hal ini tentu wajar karena kolagen memiliki beragam manfaat kecantikan, mulai dari memberikan kulit yang bercahaya, mengilaukan rambut, mengencangkan kulit, meningkatkan kelembutan dan kebersihan kulit, serta menguatkan kuku.

Dengan beragam manfaat kecantikan tersebut, berikut ini 8 makanan kaya kolagen yang dapat rutin kita konsumsi!

(Baca juga: Konsumsi 7 Makanan Ini Kalau Mau Kulit Sehat dan Berkilau!)

1. Protein tanpa lemak

Ketika mengonsumsi makanan protein yang tidak mengandung lemak, kandungan tersebut hancur menjadi asam amino saat dicerna, yang kemudian menyatu kembali menjadi kolagen. Makanan tanpa lemak yang dapat kita konsumsi diantaranya adalah dada ayam atau kalkun.

2. Wortel

Dalam pembentukan kolagen, dibutuhkan peran dari kandungan vitamin A yang dapat kita temukan dalam wortel. Makanya, coba deh mulai sekarang rutin mengonsumsi wortel dalam bentuk apapun sesuai selera kita.

3. Kacang hijau

Salah satu sayuran yang memiliki sumber protein terbanyak adalah kacang panjang. Agar terasa lebih enak dikonsumsi, kita dapat menambahkan kacang panjang dalam menu salad, sup, atau pasta kesukaan kita!

(Baca juga: Lagi Diet? Coba 5 Makanan Hasil Fermentasi Untuk Turunkan Berat Badan!)

4. Paprika

Paprika memiliki kandungan vitamin C yang merupakan komponen penting untuk memproduksi kolagen. Mengonsumsi paprika dapat memberikan kandungan kolagen yang dapat membantu merawat hidrasi dan elastisitas kulit.