6 Cara Biar Tenang Buat yang Punya Kebiasaan Suka Overthinking!

By Indra Pramesti, Kamis, 5 April 2018 | 09:15 WIB
Ubah pikiran kita biar tenang dan enggak overthinking lagi! (Indra Pramesti)

Hayoo, siapa yang punya kebiasaan overthinking alias apa-apa dipikirin banget sampai cemas dan gelisah sendiri? Tahu, enggak, sih, girls, kalau kebiasaan kita yang seperti ini justru bikin pikiran kita jadi enggak tenang, lho. Yuk, latih diri supaya bisa enggak overthinking. Ini dia 6 cara tenang buat yang punya kebiasaan suka overthinking.

(Baca juga: 7 Mitos Basi Saat First Date yang Perlu Kita Lupakan)

Pada banyak kasus, overthinking bisa menyebabkan ketakutan. Contohnya ketika kita terlalu fokus sama hal negatif yang akan terjadi, daripada memikirkan kemungkinan baiknya.

Jadi kalau kita sudah mulai berimajinasi nantinya kita bakal melakukan kesalahan sehingga menghambat untuk melakukan sesuatu, maka kita perlu berpikir sebaliknya, girls. Pikirkan kalau kita melakukan hal dengan baik.

Ini penting banget, girls. Sebenarnya enggak masalah kalau kita punya sifat yang perfeksionis, tapi kalau sifat ini diimbangi dengan overthinking yang berlebihan, kita jadi enggak bisa melakukan suatu hal dengan baik.

Meskipun kita berambisi dengan hasil yang sempurna, kita juga perlu membatasinya untuk enggak berharap ke suatu hal yang enggak realistis. Ubah pikiran kita ketika kita menuntut untuk hasil yang sempurna.

Saat kita mulai overthinking dan cemas, langsung alihkan fokus kita ke hal-hal yang membuat kita senang. Misalnya seperti mendengarkan lagu favorit kita, baca buku, atau lihat video atau mem lucu di media sosial.

(Baca juga: Menurut Cowok, Ini Gaya Fashion Cewek yang Bikin Mereka Suka Saat First Date)