4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Biar Sehat Seperti Atlet

By Indra Pramesti, Rabu, 25 April 2018 | 06:00 WIB
Biar tubuh juga sehat seperti atlet! (Indra Pramesti)

Sebagai seorang atlet pasti dituntut untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Selain dengan berolahraga, beristirahat dengan cukup, seorang atlet juga diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Ini dia 4 makanan yang harus dikonsumsi biar sehat seperti atlet.

(Baca juga: 5 Trik PDKT Sama Cowok Kalau Dia Atlet Lari)

Karbohidrat

Sebagai sumber tenaga utama saat latihan atau olaharaga, karbohidrat yang dikonsumsi atlet kemudian akan disimpan di otot menjadi glikogen. Otot biasanya bisa menyimpan cukup glikogen selama 60-90 menit.

Jika asupan karbohidart enggak tercukupi, maka oot akan mudah lelah dan mengganggu performanya. Untuk itu, karbohidrat menjadi makanan yang penting buat dikonsumsi seornag atlet.

Contoh makanan mengandung karbohidrat seperti, sereal, pasta, roti, nasi, buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan.

Protein

Atlet harus memiliki otot yang sehat sehingga asupan protein sangat dibutuhkan. Fungsi protein adalah membantu memperbaiki dan membangun kembali otot setelah melakukan latihan.

Protein juga digunakan saat cadangan karbohidrat mulai menurun. Contoh makanan dengan protein tinggi seperti, daging ayam, sapi, ikan, telur, produk susu, kacang, dna biji-bijian.

Lemak

Lemak juga jadi salah satu makanan yang dibutuhkan oleh para atlet karena lemak akan menjadi sumber energi untuk jangka waktu yang lebih lama. Memilih lemak juga enggak sembarangan.