Wajib Tahu! Faktor Penyebab Meningkatnya Risiko Melanoma, Jenis Kanker Kulit Yang Patut Diwaspadai

By Indra Pramesti, Selasa, 22 Mei 2018 | 09:45 WIB
Waspada sama faktor penyebab meningkatnya risiko melanoma, girls! (Indra Pramesti)

Seperti yang kita tahu, melanoma merupakan jenis kanker kulit yang jarang terjadi tapi sangat berbahaya. Kanker kulit yang diawali dengan munculnya tahi lalat ini sering disebabkan oleh penyebab utama yakni sinar ultraviolet.

Selain sinar ultraviolet, trnyata ada faktor penyebab meningkatnya risiko melanoma, lho. Yuk, disimak!

(Baca juga: Yuk, Mengenal Melanoma, Jenis Kanker Kulit yang Berawal dari Munculnya Tahi Lalat)

Jumlah tahi lalat merupakan salah satu penanda penting melanoma, meskipun hanya 20-40% melanoma muncul dari tahi lalat yang sudah ada. Jika jumlah tahi lalat semakin bertambah, maka akan ada risiko peningkatan sebanyak 2-4% per pertambahannya.

Untuk mempermudah penghitungan dan diagnosa, Simone Ribero dari Department of Twin Researc & Genetic Epidemology beserta peneliti lain menemukan bahwa area di atas siku kanan bisa digunakan untuk menentukan jumlah total tahi lalat di seluruh tubuh. Begitupun juga dengan punggung dan kaki

Bintik-bintik pada kulit atau disebut juga dengan freckles juga bisa menjadi faktor penyebab meningkatnya risiko melanoma. Hla ini dipaparkan oleh dermatology Darrell S.Rigel, MD, FAAD, profesor dermatologi klinis di New York University Medical Center, New York.

Dalam penelitiannya, Dr. Rigel juga membuktikan risiko melanoma akan semakin meningkat pada seseorang yang memiliki rambut merah atau pirang

Memiliki kulit terlalu pucat yang mudah terbakal serta kulit yang sulit berubah warna menjadi lebih gelap juga bisa meningkatkan risiko melanoma.