6 Kesalahan Menurunkan Berat Badan yang Malah Membuat Diet Gagal

By Marcella Oktania, Jumat, 15 Juni 2018 | 15:55 WIB
makan tengah malam (blog.fitbit.com)

Buat kita yang pengin menurunkan berat badan, pasti punya serangkaian cara supaya diet tetap berjalan lancar. Tapi, bisa aja kita melakukan 6 kesalahan ini yang malah bikin diet jadi gagal dan berat badan bertambah!

Oleh karena itu, yuk cari tahu apa aja kesalahan yang harus kita waspadai!

(Baca juga: Harus Tahu! 10 Buah Ini Bisa Membantu Kita Menurunkan Berat Badan)

1. Makan tengah malam

Makan malam boleh-boleh aja, asalkan bukan makan tengah malam. Di tengah malam, metabolisme tubuh kita bakalan rendah, sehingga makanan bisa tersimpan lebih lama di dalam tubuh kita dan menjadi lemak. Sebaiknya, makan 3 kali sehari ditambah cemilan ringan pada sore hari. Dengan begitu, kita bisa menjaga berat badan kita dengan baik, lho.

2. Enggak makan sama sekali

makan

Girls, mengurangi berat badan bukan berarti sama sekali enggak ada makanan yang masuk ke tubuh kita. Ini malah bikin kita bakalan tambah lapar dan sekalinya makan, porsi yang makan melebihi yang seharusnya kita makan. Diet kita jadi sia-sia kan?

3. Terlalu banyak olahraga

olahraga

Kita berpikir kalau banyak olahraga akan bikin berat badan kita berkurang. Padahal kenyataannya bisa sangat merugikan. Kita bisa lebih mudah capek, insomia, bahkan cedera parah!

(Baca juga: Yuk Turunkan Berat Badan dengan Makan 8 Sayuran Ini!)

4. Enggak membentuk otot tubuh

gym

Daripada berpikir untuk menurunkan berat badan dengan cara-cara yang ekstrim, lebih baik berpikir untuk membentuk otot tubuh kita. Otot yang terbentuk akan membuat tubuh terlihat lebih ramping. Selain itu, pelatihan untuk membentuk otot tubuh akan membakar kalori jauh lebih banyak.

5. Membandingkan tubuh dengan orang lain

membandingkan tubuh