5 Tips Mudah untuk Atasi Rambut Kering dan Kasar Jadi Lebih Berkilau

By Ifrani Rani, Jumat, 22 Juni 2018 | 13:50 WIB
Rawat rambut agar lebih berkilau (foto: vogue)

Kesehatan rambut akan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk mengubah penampilan kita. Karena itu kesehatan dan keindahanya perlu dijaga.

Memiliki rambut yang kering, kasar, kusam, bahkan rapuh adalah hal yang sangat sulit ditangani dan menganggu penampilan. Berikut ini ada 5 tips untuk mengatasi rambut kering dan kasar.

Gunakan minyak jojoba

rambut kering dan kasar

Kurangnya produksi sebum di akar rambut bisa menyebabkan rambut jadi mudah kering dan rusak. Sebum berfungsi untuk mempertahankan kelembapan di kulit kepala. Jika produksinya berkurang makan kulit kepala akan kekurangan nutrisi yang menyebabkan batang rambut menjadi tidak sehat dan mudah patah. Untuk mengembalikan produksi sebum yang semakin sedikit, kita dapat menggunakan minyak jojoba.

Caranya ambil 2 sendok teh minyak jojoba yang sudah dihangatkan. Oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai menyerap.

(Baca Juga :5 Manfaat Minyak Jojoba untuk Perawatan Rambut Sehat. Wajib Tahu!)

Lakukan deep conditioning

rambut kering dan kasar

Deep conditioning akan menutrisi rambut dan kulit kepala secara mendalam, rambut yang tadinya kering dan kasar akan menjadi lembut dan berkilau.

Deep Conditioning ini dapat kita lakukan dengan menggunakan alpukat.

Caranya, haluskan buah alpukat, lalu campurkan dengan kuning telur dan 2 sendok minyak zaitun. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala, lalu tutup dengan shower cap. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bersihkan sampai bersih.