Kelebihan dan Kekurangan Pembalut, Panty Liner, Tampon & Menstrual Cup

By Indra Pramesti, Selasa, 26 Juni 2018 | 18:30 WIB
(Benjamin Wu)

Sebagai seorang cewek, kita pasti udah enggak asing dengan siklus menstruasi. Untuk mengantisipasi biar darah menstruasi enggak bocor, banyak dari kita yang memilih pembalut.

Tapi sebenarnya, kita juga bisa menggunakan produk lain, lho, untuk menghalau darah biar enggak bocor. Produk-produk tersebut di antaranya adalah tampon, panty liner, atau menstrual cup. Nah, biar enggak bingung, yuk kenali kelebihan dan kekurangan dari pembalut, panty liner, tampon, dan menstrual cup. Kamu paling cocok sama yang mana?

(Baca juga: Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Pembalut, Tampon, Panty Liner, dan Menstrual Cup)

Pembalut

Seperti yang kita tahu, pembalut digunakan dengan cara menempelkannya di celana dalam kita. Dibandingkan dengan produk lainnya, pembalut bisa dibilang lebih praktis dan lebih mudah ditemukan di mini market atau toko terdekat. Harganya juga lebih murah.

Sayangnya, pembalut juga memiliki kekurangan, lho, girls. Salah satunya karena enggak ramah lingkungan. Selain karena terbuat dari bahan yang enggak mudah terurai, banyak merek pembalut yang mengandung klorin. Padahal, bahan kimia ini merupakan bahan yang berbahaya buat lingkungan, lho.

Tampon

Mungkin kita pernah mendengar nama produk ini. Tapi enggak banyak yang menggunakannya. Tampon memiliki keguanaan yang sama dengan pembalut, yakni menyerap darah yang keluar dari vagina. Bedanya, cara penggunaan tampon adalah dengan memasukkannya ke dalam liang vagina.

Tampon memiliki kelebihan menyerap darah lebih baik dari pembalut. Sayangnya, tampon enggak nyaman untuk digunakan jika kita belum jago dalam memakainya. Jadi kita perlu pembiasaan dulu, biar jadi nyaman.

Nah, kalau udah jago, tampon bikin kita jadi lebih leluasa dalam bergerak jika dibandingkan dengan pemakaian pembalut.