5 Hal Yang Bakal Kita Lewatkan Karena Keseringan Main Internet

By Indra Pramesti, Jumat, 29 Juni 2018 | 11:30 WIB
what's wrong secretary kim ()

Di era seperti saat ini, internet sering diibaratkan sebagai rumah kedua kita. Mulai dari mencari informasi, berkomunikasi, hingga ada juga yang memiliki pekerjaan di dunia internet.

Dari segala bentuk manfaat baik internet, enggak jarang kita kerap menemukan sisi buruknya. Salah satunya adalah ketika kita enggak bisa mengontrol frekuensi buat bermain internet, alias kecanduan internet.

Menurut psikiater, Abigail Brenner, M.D, ada 5 hal yang kita lewatkan karena keseringan main internet. Nah, kamu termasuk juga, atau enggak nih, girls?

(Baca juga: Pasangan yang Ketemu di Internet Cenderung Berpisah, Ini Hasil Penelitiannya)

age of youth

Human Connection

Menurut Brenner, semakin lama kita menghabiskan waktu di internet (mengumpulkan informasi, mengikuti berita terkini, dan berkomunikasi dengan teman), maka akan semakin berkurang juga interkasi kita dengan manusia di dunia nyata,

Meskipun di internet kita juga membangun ‘koneksi’, tapi Brenner menyebut bahwa teknologi seperti internet hanyalah intermediary. Yang artinya, kadang enggak masalah, namun akan lebih baik kalau kita juga menghabiskan waktu secara langsung dengan orang tersebut. Brenner juga menjelaskan bahwa ada nilai tersendiri ketika kita bisa melihat mata dan ekspresi dari orang yang kita ajak berkomunikasi.

Kemampuan Mengobservasi

Observasi adalah keterampilan yang sangat penting. Dengan belajar mengobservasi, kita jadi bisa belajar bagaimana cara berinteraksi, bereaksi, dan merespon.

Namun kalau kita menghabiskan waktu untuk menunduk karena main internet, maka sedikit juga waktu kita buat belajar mengobservasi, menggunakan kepekaan kita dan menyadari apa yang terjadi di sekitar kita.

Being Present