Ini 4 Manfaat Mengunyah Makanan Secara Perlahan! Wajib Tahu!

By Istihanah, Rabu, 1 Agustus 2018 | 21:00 WIB
Makan sayuran (aquilea.com)

Pernah dengar enggak sih kalau mengunyah makanan itu harus pelan-pelan atau 32 kali sebelum menelan? Meskipun sudah banyak yang tahu, tetapi kebiasaan ini seringkali kita lupakan saat makan.

Namun, kebiasaan itu ternyata punya manfaat sendiri lho. Bahkan, para ahli sudah menemukan manfaat dari kebiasaan mengunyah makanan hingga halus.

Berikut 4 manfaat mengunya makanan dengan perlahan! Wajib tahu!

(Baca juga : Selain Donat, Ini 4 Kreasi Makanan Paling Unik dari Indomie Goreng)

Membuat kenyang lebih lama

Saat kita makan dengan perlahan secara otomatis otak akan mengirimkan sinyal rasa kenyang. Rasa kenyang ini membuat kita bisa mengendalikan nafsu makan nih. Kalau sudah begini, kita pasti akan berhenti makan bahkan menolak untuk ngemil pun. Dijamin juga bisa menjadi salah satu cara untuk diet dan menjaga berat badan kita.

Merangsang produksi air liur

Saat mengunyah makanan, ada gerakan antara mulut, gigi dan lidah yang membuat mulut menghasilkan air liur atau saliva lebih banyak. Saliva ini berfungsi untuk melembutkan makanan dan berfungsi berbagai macam hal nih yang akan dijelaskan di bawah ini.

(Baca juga : Makanan Favorit Anggota Keluarga Kerajaan dari Seluruh Dunia!)

Menjaga kebersihan mulut

Selain untuk menghaluskan makanan, saliva juga berfungsi untuk melawan bau an penyakit mulut lho. Dalam saliva terdapat hydrogen karbonat yang dapat menetralkan bakteri pembentuk bau mulut dan membunuh bakteri berbahaya serta membersihkan partikel makanan di sekitar gigi. Jadi yang merasa enggak pede karena bau mulut habis, bisa coba nih trik mengunyah dengan perlahan ya.

Membantu proses pencernaan