Selain Gempa Lombok, 4 Gempa Dahsyat Ini Juga Pernah Ada di Indonesia!

By Istihanah, Senin, 6 Agustus 2018 | 10:29 WIB
()

Kabar duka datang dari bagian tengah Indonesia. Pada Minggu (5/8/2018) tepatnya pada pukul 19.46 WITA (18.46 WIB) terjadi gempa di wilayah NTB dengan kekuatan 7,0 Skala Richter.

Gempa yang sampai terasa ke Bali dan Surabaya ini sempat disebutkan berpotensi tsunami. Namu, pada pukul 20.25 WIB peringatan itu akhirnya dicabut. Akibat dari gempa Lombok ini, tercatat 82 orang meninggal.

Sebagai negara yang memiliki banyak gunung api dan pusat lempeng bumi, Indonesia kerap kali dilanda bencana gempa bumi. Selain di Lombok, 5 kota ini juga pernah dilanda gempa dengan kekuatan dahsyat.

(Baca juga : Tetap Tenang! Ini 5 Cara Mencegah Panik Saat Mengalami Gempa Bumi!)

Gempa dan Tsunami di Aceh

Meskipun banyak orang menyebut gempa bumi Samundera Hindia, di Indonesia bencana ini disebut gempa bumi dan tsunami Aceh. Kejadian yang menewaskan 280 ribu orang di 14 negara ini terjadi pada 26 Desember 2004 lalu.

Saat itu, terjadi gempa dengan kekuatan 9,1 hingga 9,3 magnitudo di lepas pantai barat Sumatera. Hingga kini, masih banyak warga Aceh yang masih mencari keberadaan keluarganya yang hilang karena bencana tersebut.

Gempa Bumi di Nias

Beberapa bulan setelah gempa bumi di Aceh, Indonesia kembali dirundung duka. Gempa bumi kembali terjadi di lepas pantai barat Sumatera bagian utara. Tepatnya pada 28 Maret 2005, gempa bumi berkekuatan 8,6 magnitudo terjadi di Pulau Nias. Setidaknya, 915 orang akibat bencana ini.

(Baca juga : Curhatan Chrissy Teigen yang Ikut Rasakan Gempa Lombok di Bali)

Gempa Bumi di Jawa

Pada tanggal 17 Juli 2006 pada pukul 8:19 WIB, terjadi gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter dan menyebabkan tsunami setinggi 2 meter di lepas pantai Jawa Barat. Beberapa kota di Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah juga mengalami kerusakaan akibat bencana ini.