Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Selesai Mewarnai Rambut Kita!

By Marcella Oktania, Selasa, 4 September 2018 | 17:15 WIB
Joy 'Red Velvet' power up (allaboutkpopgirlgroups.wordpress.com)

Setelah mewarnai rambut, kita pengin warna rambut kita tahan dalam waktu yang sangat lama dan tetap sehat, sehingga penampilan kita bisa terjaga dengan baik.

Masalahnya, secara enggak sadar kita suka melakukan hal-hal terlarang setelah mewarnai rambut. Warna rambut malah jadi cepat pudar dan enggak bertahan lama!

Makanya, jangan lakukan 5 hal ini, girls setelah selesai mewarnai rambut kita!

(Baca juga: Berhenti Mewarnai Rambut Kita Kalau Sudah Memperlihatkan 4 Tanda Ini!)

1. Jangan gunakan bahan kimia terlalu banyak

memakai hair spray

Memakai bahan kimia, seperti hairspray dan produk styling bisa membuat warna rambut kita cepat luntur. Ini karena produk-produk styling memiliki alkohol yang bisa membuat warna rambut yang sudah terserap kutikula rambut menjadi luruh.

2. Jangan keramas

keramas

Begitu selesai mewarnai rambut, usahakan jangan keramas minimal selama 48 jam. Dalam 24 jam pertama, pewarna rambut akan terserap ke batang rambut dan sisanya akan teroksidasi. Pada 24 jam selanjutnya, pewarna rambut akan semakin menyatu dengan rambut kita.

Nah, kalau kita keramas atau membasahi rambut sebelum 48 jam, kemungkinan besar warna rambut kita bakalan lebih cepat menghilang! 

3. Perhatikan produk perawatan rambut yang kita pakai

hot oil treatment

Usahakan jangan memakai sampo dan conditioner dengan tujuan clarifying dan menghilangkan ketombe. Ini karena produk tersebut punya bahan kimia yang tinggi untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, termasuk meluruhkan warna rambut kita.

Kita juga harus menghindari hair mask yang tebal dan rich, karena akan terserap ke rambut kita, menyatu dengan pewarna rambut, dan keduanya ikut luruh begitu dibilas. Ada baiknya kita juga harus menghentikan sementara pemakaian perawatan rambut dengan minyak.

4. Hindari klorin dan lingkungan kotor

swimming cap