Ingin Jadi Diplomat? Yuk, Bongkar Serunya Jadi PNS di Luar Negeri

By Marcella Oktania,Istihanah,Elizabeth Nada, Senin, 1 Oktober 2018 | 13:22 WIB
Song Seung Hoon saat berperan sebagai diplomat dalam drama My Princess ()

 

Diplomat, pekerjaan ini pasti menjadi impian semua orang khususnya yang kuliah di jurusan Hubungan Internasional.

Wajar sih, karena kebanyakan dari kita yang memilih kuliah di jurusan Hubungan Internasional, goalsnya ya, jadi Diplomat.

Eits, tapi udah pada tau belum sih, kalau untuk menjadi Diplomat itu kita harus mengikuti tes CPNS di Kementerian Luar Negeri lho, girls!

Nah, biar enggak terlalu blank dengan pekerjaan ini, yuk simak cerita para Diplomat yang sudah pernah tugas di luar negeri! Seru banget!

BACA JUGA : Kompaknya 6 Fashion El Rumi & Marsha Aruan yang Manis Banget!

Jurman, Diplomat KJRI Jeddah 2014-2017

Jurman Nazar

Menjadi seorang Diplomat sepertinya sudah menjadi impian seorang Jurman Nazar. Bermula dari kepeduliannya terhadap Indonesia, Jurman akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Kementerian Luar Negeri sebagai seorang Diplomat.

“Nah, akhirnya saya memilih Kementerian luar negeri, karena bisa berkontribusi besar dan less corruptive. Saya enggak pernah mendengar ada orang mempertanyakan (korupsi) individunya atau organisasinya,” lanjutnya.

Selama menjadi seorang Diplomat, Jurman sempat ditugaskan di Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi dari tahun 2013 hingga 2017 lalu.

Selama menjalani tugasnya, Jurman mengaku mendapat banyak sekali pelajaran mengenai perlindungan Warga Negara Indonesia di luar negeri.

Salah satu kejadian yang hingga saat ini enggak bisa ia lupakan adalah saat ia dapat membantu seorang WNI yang masih berusia beberapa bulan sakit dan jantungnya enggak normal.