Benarkah Tidur yang Cukup Bisa Mengurangi Berat Badan, Berikut Penjelasannya

By None, Kamis, 11 Oktober 2018 | 16:00 WIB
Tidur yang cukup bisa turunkan berat badan (Chakrapong Worathat / EyeEm)

Cewekbanget.id – Buat girls yang sudah mencoba beragam program diet namun belum berhasil, mungkin kalian melewatkan cara yang satu ini nih.

Tidur, yap mungkin kedengarannya memang tidak mungkin menurunkan berat badan hanya dengan tidur. Tapi seperti dilansir Kompas.com dari Tha Sun, tidur dengan waktu yang cukup bisa menjadi kunci kita untuk menurunkan berat badan loh.

Baca Juga : Selena Gomez Kembali Jalani Perawatan Mental, Depresi Ditinggal Nikah?

Orang yang tidur dengan jumlah rata-rata delapan jam per hari, cenderung mengurangi asupan atau camilan makanan tidak sehat. Jenis makanan tersebut merupakan salah satu faktor kenaikan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa manusia yang tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam memiliki lebih sedikit rasa lapar. Selain itu, orang-orang tersebut juga cenderung lebih memilih makanan sehat. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki energi untuk berolahraga.

Baca Juga : Cocok Untuk Millenial, 3 Profesi ini Bisa Jamin Masa Depan Kalian

Ahli nutrisi dari Kings College London, Dr. Wendy Hall, mengatakan saat orang merasa tidak lelah, ia akan cenderung tidak memilih makanan manis. "Mereka juga memiliki sedikit kesempatan untuk ngemil saat larut malam," ucap Hall.

Hall melajutkan, kelelahan bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengendalikan nafsu makan. Tidur yang diperpanjang, dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam asupan gula bebas.

Baca Juga : Kisah Pilu Seorang Remaja yang Dapat Transplantasi Wajah, Ia Lebih Bersyukur di Hidup Keduanya

"Durasi tidur dapat memengaruhi pilihan makanan, serta berkontribusi untuk menjaga berat badan yang sehat," ucap Hall. (*)

Artikel ini telah tayang di Nationalgerographic dengan judul Mengurangi Berat Badan Hanya dengan Tidur Cukup, Apakah Mungkin?