Yuk #IkutPemilu2019, Simak 6 Tips Jadi Pemilih Cerdas dan Aktif. Pemilih Pemula Wajib Tahu!

By Elizabeth Nada, Jumat, 26 Oktober 2018 | 08:20 WIB
Pemilu Serentak 2019 (foto : istock)

Topik mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) memang sedang hangat dibicarakan, ya. Setiap kali nonton televisi ataupun membaca media online atau cetak, pasti paling enggak ada aja satu berita soal Pemilu. Tapi girls, sudah tahu belum kalau ada yang berbeda di Pemilu 2019 nanti?

Yup! Pemilu 2019 akan diadakan serentak, lho! Fyi, Pemilu Serentak 2019 maksudnya adalah pelaksanaan Pemilihan Umum yang menggabungkan pelaksanaan Pemilu Legislatif untuk memilih Anggota DPR, DPD dan DPRD dan Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Berdasarkan data yang ada, ternyata sebesar 7,4% dari total pemilih adalah pemilih pemula lho, yang berarti kita jadi salah satu didalamnya. Yeay! Asyik banget kan kita bisa jadi bagian dari Pesta Demokrasi di Negara ini dengan #IkutPemilu2019.

Adanya pemberitaan seputar Pemilu Serentak 2019 ini ternyata memberi efek kepada remaja seperti kita, lho. Ternyata banyak remaja yang semakin peduli dan excited menyambut Pemilu Serentak 2019 nanti. Seperti bagi salah satu pemilih pemula yang berhasil cewekbanget.id wawancarai dan membagikan pendapatnya mengenai Pemilu Serentak 2019 yang akan segera diselenggarakan.

“Aku antusias banget mau milih, soalnya ini pertama kali buat aku. Kalau soal pemilihan serentak yang berarti pemilu legislatif juga, aku belum tahu. Karena memang kurangnya informasi buat pemilih pemula seperti aku. Mungkin yang paling booming emang tentang yang pemilihan Presiden itu. Tapi aku pengin banget untuk ikut nyoblos dan milih, jadi mungkin aku harus cari tahu lebih banyak lagi, nih. Soalnya kan aku juga pemilih baru.” ujar Raissa Faranda, 18 tahun, mahasiswi semester 1 di SAE Institute Jakarta dan gitaris di Band Zirah.

Yup! Seperti yang Raissa rasakan, pentingnya informasi dan pemahaman lebih untuk para pemilih biar kita jadi pemilih yang cerdas dan aktif. Karena pemilih yang cerdas akan memilih pemimpin yang berkualitas, sehingga #PemilihBerdaulatNegaraKuat!

Nah, buat kita para pemilih, khususnya pemilih pemula seperti Raissa Faranda, ini dia 6 tips jadi pemilih yang cerdas dan aktif untuk #IkutPemilu2019 !

Pastikan nama kita sudah terdaftar di daftar pemilih tetap

“Waktu itu di grup keluarga ada yang kasih link website KPU untuk cek namaku sudah terdaftar jadi pemilih atau belum. Caranya simpel banget dan setelah aku coba, ternyata namaku sudah terdaftar. Jadi aman, deh!” ujar Raissa Faranda yang ditemui di daerah Ciledug.

Yup! Sebagai pemilih yang cerdas, kita wajib memastikan apakah nama kita sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum, seperti yang Raissa lakukan. Caranya gampang kok, kita tinggal kunjungi www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, kemudian masukan Nomor Induk Kependudukan kita untuk mengecek nama kita terdaftar atau belum.

Selain lewat website, kita juga bisa mengecek nama kita sudah menjadi DPT untuk #IkutPemilu2019 atau belum dengan mengunjungi kelurahan tempat tinggal kita berada. Buat yang belum terdaftar, kita dapat melapor untuk dimasukan ke daftar pemilih hasil perbaikan (DPTHP). Jangan lupa, pastikan nama kita terdaftar sebelum tanggal 28 Oktober 2018 ya, girls!

Cari tahu informasi dan rekam jejak para kandidat